Pengaruh aplikasi Discord terhadap kemampuan penalaran dan pemahaman kalkulus Mahasiswa

Rausyanfikr, Muhammad Shoffan (2021) Pengaruh aplikasi Discord terhadap kemampuan penalaran dan pemahaman kalkulus Mahasiswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Sektor pendidikan terkena dampak dari pandemi Covid-19, tak terkecuali dalam perkuliahan mata kuliah kalkulus. Sehingga dalam hal ini memengaruhi kemampuan pemahaman serta penalaran mahasiswa. Maka dalam hal ini pendidikan harus memiliki inovasi teknologi dalam pembelajaran selama pandemi Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Discord terhadap kemampuan penalaran dan pemahaman kalkulus mahasiswa. Quasi eksperimen digunakan dengan kelas eksperimen 39 mahasiswa dan kelas kontrol 34 mahasiswa. Instrumen yang digunakan antara lain posttest, angket, lembar observasi, dan wawancara. Analisis ANOVA dua jalur. Diperoleh hasil ; (a) Terdapat perbedaan pencapaian pemahaman dan penalaran antara mahasiswa dengan pembelajaran menggunakan aplikasi discord dengan pembelajaran konvensional berdasarkan kategori pengetahuan awal matematika PAM tinggi, sedang, dan rendah; (b) Respon mahasiswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan aplikasi discord dari ke empat indikator diperoleh persentase tinggi dari; (c) Keterlaksanaan mahasiswa dalam pembelajaran menggunakan aplikasi discord diperoleh dengan kriteria baik; (d) Kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal posttest adalah ketika menyelesaikan soal dengan fungsi eksponensial dan ln dan menyelesaikan soal non-rutin dalam bentuk soal cerita. Aplikasi discord memiliki peluang besar yang dapat dikembangkan kembali dalam pembelajaran dengan fitur-fitur yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran dan Pemahaman; Kalkulus; (Divergensi,gradien, dan Curl); dan Aplikasi Discord
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Shoffan Rausyanfikr
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:26
Last Modified: 02 Nov 2021 06:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45805

Actions (login required)

View Item View Item