Peranan kelompok wanita tani Malati Asih dalam pemberdayaan ibu rumah tangga guna meningkatkan kesejahteraan keluarga: Studi deskriptif di Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Khoirunnisa, Dinda Citra (2021) Peranan kelompok wanita tani Malati Asih dalam pemberdayaan ibu rumah tangga guna meningkatkan kesejahteraan keluarga: Studi deskriptif di Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy

Abstract

Perempuan merupakan salah satu bagian masyarakat yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Proses pemberdayaan oleh Kelompok Wanita Tani kepada para perempuan terutama ibu rumah tangga di desa Cinanjung menjadi salah satu upaya yang dilakukan dalam menghadapi permasalahan tersebut. Perempuan perlu memiliki keahlian dan keterampilan terutama dalam hal ini pada aspek pertanian yang menjadi salah satu mata pencaharian mayoritas masyarakat. Sehingga dengan adanya pemberdayaan tersebut ibu rumah tangga dapat lebih produktif, mandiri dan memiliki banyak peningkatan dalam berbagai bidang lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengenai; 1) Program pemberdayaan yang di lakukan oleh Kelompok Wanita Tani Malati Asih; 2) Proses pemberdayaannya; dan 3) Hasil yang diperoleh dari Kelompok Wanita Tani Malati Asih di Desa Cinanjung Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan teori yang memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan yaitu teori kelompok; beberapa teori pemberdayaan seperti program pemberdayaan, strategi pemberdayaan, tahapan pemberdayaan dan termasuk pemberdayaan perempuan beserta upaya-upayanya; dan teori kesejahteraan keluarga beserta indikatornya. Metode yang digunakan dalam penelitian di KWT Malati Asih ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan deskriptif karena penelitian yang dilakukan segala sesuatunya berdasarkan fakta-fakta yang di temukan di lapangan dan peneliti dapat mendeskripsikan serta menggambarkan secara tepat tentang pemberdayaan yang ada di KWT Malati Asih desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Hasil dari penelitian yang dilakukan di KWT Malati Asih diantaranya; 1) terdapat dua program pemberdayaan yang dilaksanakan yaitu program KRPL yang berfokus pada pengelolaan pertanian di pekarangan rumah dan Koperasi simpan pinjang yang bertujuan sebagai penyedia modal bagi usaha anggota; 2) Proses pemberdayaan yang dilakukan ada empat tahap yaitu mengidentifikasi dan mengkaji potensi wilayah, permasalahan, serta peluang-peluangnya; menyusun rencana kegiatan kelompok; menerapkan rencana kegiatan/pelaksanaan; dan pemantauan/pengawasan; 3) adanya hasil produksi ibu rumah tangga; menambah wawasan mengenai dunia pertanian; memiliki keterampilan dan dapat membantu ekonomi keluarga serta kesejahteraan keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Wanita tani; Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga; Kesejahteraan Keluarga
Subjects: Social Groups > Occupational Groups
Production, Industrial Economics
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dinda Citra Khoirunnisa
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:48
Last Modified: 02 Nov 2021 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45792

Actions (login required)

View Item View Item