Pembinaan tilawah Al-Qur’an untuk meningkatkan ketenangan jiwa santri : Penelitian di Pondok Pesantren Murottalul Qur’an Al-Mubarok

Ramdayani, Linda (2021) Pembinaan tilawah Al-Qur’an untuk meningkatkan ketenangan jiwa santri : Penelitian di Pondok Pesantren Murottalul Qur’an Al-Mubarok. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab Allah yang menjadi sumber rujukan ummat manusia yang mampu menjadi obat dan rahmat bagi ummat beriman baik itu pembaca atau pendengar. Tilawah Al-Qur’an adalah bagian dari ibadah paling agung dan menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Namun sebagian orang masih ragu akan ke agungan tersebut. Oleh karena itu salah satu syarat untuk membuktikan keraguan tersebut adalah tilawah Al-Qur’an yang baik dan benar. Memperindah tilawah Al-Qur’an, namun bukan hanya sekedar fasih dalam tilawahnya, benar secara kaidah tajwidnya. Melainkan, tilawah Al-Qur’an yang disertai suara indah dan merdu dengan menggunakan sekumpulan lagu tilawah yang akan memberikan ketentraman bagi pembaca dan pendengar. Landasan konseptual yang digunakan adalah pembinaan, karena pembinaan mengandung makna latihan yang berhubungan dengan pendidikan dalam ranah belajar dan mengajar dengan kata lain pembinaan memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembinaan tilawah Al-Qur’an untuk meingkatkan ketenangan jiwa santri, untuk mengetahui kondisi ketenangan jiwa santri pondok pesantren murottalul Qur’a Al-Mubarok, dan untuk mengetahui hasil dari pembinaan tilawah Al-Qur’an untuk meningkatkan ketenangan jiwa santri. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang memiliki tujuan untuk menggambarkan kondisi, sutuasi dan berbagai fenomena yang terjadi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta yang diteliti dalam penelitian. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, yang dianalisis dengan teknik teknik analisis deskriptif kualitatif yang akan mendeskripsikan suatu fenomena dalam penelitian. Subyek dalam penelitian adalan santri putri, pimpinan pesantren, dan dewan santri yang akan memberikan informasi terkait pembahasan penelitian. Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa pembinaan tilawah Al-Qur’an di Pondok Pesantren Murottalul Qur’an Al-Mubarok adalah program pengajian wajib yang sejauh ini sudah terlaksna dengan baik dan lancar. Bahkan santri baru dan santri yang sudah lama selalu memperlihatkan sikap antusiasnya untuk mengikuti kegiatan pembinaan tilawah Al-Qur’an. Karena kegiatan pembinaan tilawah Al-Qur’an sangat membantu para santri untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai kaidah ilmu tajwid yang disertasi nada suara yang merdu dengan lagu-lagu khas dalam tilawah Al-Qur’an yang dapat menunjang santri untuk melatih mental spiritual dengan jiwa yang sehat. Kondisi ketenangan jiwa santri sebelum penelitian sudah terlihat cukup baik, namun dengan sebuah perogram pembinaan tilawah Al-Qur’an yang dilaksanakan secara kelompok dengan metode jibril dan metode sima’i yang diketahui berdasarkan penelitian dan pengamatan mampu meningkatkan kondisi ketenangan jiwa santri kearah yang lebik baik lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan; Tilawah Al-Qur’an; Ketenangan Jiwa Santri;
Subjects: Islam > Sufism
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Linda Ramdayani
Date Deposited: 02 Nov 2021 01:48
Last Modified: 02 Nov 2021 01:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45763

Actions (login required)

View Item View Item