Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Bukit Asam Tbk periode 2011-2020

Hidayat, Muhamad Manarul (2021) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Bukit Asam Tbk periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK AJA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI SAJA.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB_I.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal merupakan alternatif yang dapat digunakan perusahaan untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan walaupun saat ini banyak bank yang menyediakan pinjaman tetapi semua itu bisa terhambat karena leverage yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Investor mengharapkan dana yang digunakan dapat memberikan hasil. Banyak faktor yang mempengaruhi harga saham, diantaranya ada, Earning Per Share (EPS) merupakan Rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa besar laba bersih perusahaan yang terkandung dalam satu lembar saham beredar dan Return on equity (ROE) Rasio ini mengkaji sejauh mana suatu perusahaan mempergunakan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan untuk mampu memberikan laba atas ekuitas. Kerangka berpikir pada penelitian ini merujuk pada teori menyatakan bahwa semakin tingginya Earning Per Share (EPS dan Return on equity (ROE) maka harga saham juga akan meningkat, begitupun sebaliknya jika Earning Per Share (EPS dan Return on equity (ROE) turun maka harga saham juga a Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Earning Per Share (EPS) secara parsial terhadap harga saham, mengetahui seberapa besar pengaruh Return On Equity secara parsial terhadap harga saham, dan bagaimana pengaruh antara dua variabel independen yaitu Earning Per Share dan Return On Equity terhadap variabel dependen yaitu harga saham pada PT. Bukit Asam Tbk. Sesuai dengan teori bahwasannya jika nilai variabel Earning Per Share dan Return On Equity semakin tinggi, maka pengaruh terhadap harga saham juga akan semakin tinggi. Maka dari itu, kerangka teori yang peneliti gunakan sesuai dengan teori yang ada. Metode deskriptif dengan cara pendekatan kuantitatif menjadi salah satu pilihan peneliti dalam menentukan metode penelitian. Data sekunder merupakan data yang dipilih pada penelitian kali ini. Data tersebut berbentuk laporan keuangan PT. Bukit Asam Tbk Periode 2011-2020 berasal dari website resmi. Analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, serta uji t dan uji f merupakan teknik analisis yang dipakai pada penelitian ini.Dalam penelitian ini didapati kesimpulan sebagai berikut: diperoleh nilai F hitung sebesar 16,584. Sedangkan hasil F tabel dengan taraf signifikansi sebesar 5% (0,05), maka didapat F tabel sebesar 4,74. Oleh karena itu nilai F hitung > F tabel (16,584 > 4,74), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu Earning Per Share (EPS) dan Return On Equity (ROE) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham PT. Bukit Asam, Tbk periode 2011 - 2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share; Return On Equity; Harga Saham
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhamad Manarul Hidayat
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:26
Last Modified: 11 Nov 2021 01:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45748

Actions (login required)

View Item View Item