Hukum zakat investasi melalui pemberdayaan ekonomi menurut Wahbah Zuhaili dan Didin Hafhidhudin : Studi di Yayasan Baitul Maal PLN UID Jawa Barat

Fathullail, Wahyu (2021) Hukum zakat investasi melalui pemberdayaan ekonomi menurut Wahbah Zuhaili dan Didin Hafhidhudin : Studi di Yayasan Baitul Maal PLN UID Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy

Abstract

Proses distribusi zakat merupakain rangkaian dari sistem perintah menunaikan zakat dalam al-Qurán. Penetapan penerima zakat juga sudah ditetapkan dalam al-Qrurán siapa saja mustahik yang berhak untuk menerima zakat. Namun dalam al-Qurán tidak dijelaskan secara ekplisit apakah zakat harus bersifat konsumtif, atau dalam bentuk produktif kreatif. Terdapat perbedaan pendapat antara Wahbah al Zuhaili dan Didin Hafidhudin mengenai hukum zakat investasi. Pendapat dari Wahbah al Zuhaili mengatakab bahwa “ adapun perintah dengan kemberikan kepada orang fakir miskin dan orang-orang yang bersamanya haru diberikan langsung tanpa tersimpan terlebih dahulu, dalam hal ini maka organisasi-oranisasi tidak boleh mengakhirkan pembagain zakat, karena zakat haru segera disegerakan. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut, Untuk mengetahui pendapat Wahbah al Zuhaili dan Didin Hafidhudin tentang hukum zakat investasi. Untuk mengetahui pelaksanaan zakat investasi melalui pemberdayaan ekonomi di Yayasan Baitul Maal PLN UID Jawa Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian gabungan field reaserch dan library reaserch yang didasarkan pada argumentasi bahwa data kepustakaan yang di peroleh melalui penelitian kepustakaan yang bersumber dari pendapat ahli, peraturan perundang-undangan, buku-buku, dokumen resmi, dan publikasi hasil penelitian baik berupa jurnal, Tesis dan lainya. Dan Feil reaserch merupakan komponen terpenting dalam penelitian ini dengan meneliti data-data serta proses implemtasi di lapangan. Pendapat Wahbah tidak membolehkan bahwa harta zakat itu untuk diinvestasikan karena tidak adanya al-milk al tam ( kepemilikan yang sempurna) sebab tidak adanya akad wakalah ( penyerahan) dari para mustahik, dan menangguhkan sampainya pembagian harta kepada yang berhak, padahal pembayaran zakat itu sendiri harus fauriyyah. Zakat investasi merupakan salah satu objek yang dapat diambil zakatnya dan di ditribusikan kepada mustahik. Sumber zakat tersebut dianalogikan pada zakat perdagangan, karena hasil dari investasi menguntungkan seperti perusahaan-perusahaan yang begerak untuk mengeluarkan zakatnya. Mekanisme pengelolaan dana investasi zakat yang diterapkan oleh Yayasan Baitul Maal PLN UID Jawa Barat melalui jejaringnya yaitu Pilar Proram Kemanusiaan, Pilar Porgram Kesehatan, Pilar program Dakwah, Pilar Program ekonomi, Pilar Program Pendidikan. Hasil dari pemberdayaan pilar ekonomi di Yayasan Baitul Maal PLN UID Jawa Barat merupakan manifestasi dari program investasi zakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat; Investasi; Pemberdayaan Ekonomi;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Wahyu Fathullail
Date Deposited: 01 Nov 2021 10:00
Last Modified: 01 Nov 2021 10:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45735

Actions (login required)

View Item View Item