Peran pekerja sosial dalam pemberdayaan masyarakat kurang mampu : Penelitian tentang Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung

Sugandi, Mahardhika Rachmawan (2021) Peran pekerja sosial dalam pemberdayaan masyarakat kurang mampu : Penelitian tentang Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy

Abstract

Masalah kemiskinan menjadi salah satu ukuran terpenting untuk mengetahui tingkat kesejahteraan keluarga. Pemerintah telah mengadakan program penanggulangan kemiskinan melalui bantuan sosial kepada keluarga dengan kondisi ekonomi terendah didaerah pelaksanaan. Skripsi ini mengkaji fenomena pemberdayaan masyarakat kurang mampu ini dengan fokus analisis pada PekerjaSosial Masyarakat (PSM) di Desa Cimekar yang menjadi salah satu mitra pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dengan upaya pemberdayaan kepada masyarakat kurang mampu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran PSM, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan peran mereka, serta dampak pemberdayaan oleh PSM terhadap masyarakat kurang mampu di Desa Cimekar. Untuk menjelaskan ini, skripsi ini menggunakan teori peran (role). Peran merupakan aspek dinamis dari kedudukan, yaitu seseorang yang melaksanakan hak-hak dan kewajibannya. Ia merupakan kedudukan atau status, yang artinya apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya maka ia menjalankan suatu peranan. Skripsi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data primer untuk skripsi ini dilakukan melalui wawancara dan observasi, dan data sekunder melalui studi kepustakaan. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemberdayaan di desa Cimekar, PSM memainkan peran-peran sebagai inisiator, motivator, dinamistrator, administrator dan mitra pemerintah. Faktor-faktor pendukung peran PSM dalam pemberdayaan masyarakat kurang mampu adalah sinergi antara PSM dengan pekerja sosial lain, adanya pelatihan-pelatihan dari dinas sosial, adanya jiwa relawan, kedekatan dengan penyandang masalah, dan adanya partisipasi masyarakat. Adapun faktor penghambatnya adalah finansial yang terbatas, perubahan perilaku penyandang masalah, dan keterbatasan dana untuk variasi pelayanan bantuan sosial. Pemberdayaan PSM terhadap masyarakat kurang mampu berdampak terhadap ekonomi, sosial dan politik masyarakat Desa Cimekar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pemberdayaan; Pekerja Sosial Masyarakat.
Subjects: General Organizations in Indonesia
Political Ethics
Political Process > Geographic Treatment
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Specific Field of Public Administration > Administration of Social Welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Mahardhika Rachmawan Sugandi
Date Deposited: 02 Nov 2021 01:52
Last Modified: 02 Nov 2021 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45720

Actions (login required)

View Item View Item