Pengembangan website berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi

Fitriyani, Rismaya (2021) Pengembangan website berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21. Media pembelajaran website berbasis problem based lerning merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media website berbasis problem based learning, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan media website berbasis problem based learning. Metode yang digunakan yaitu Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel dalam penelitian merupakan peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Tukdana yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran website berbasis problem based learning sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase 90,9%, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase aktivitas guru sebesar 93% dan aktivitas peserta didik sebesar 91%, serta terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis masuk pada kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,65. Sedangkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh nilai thitung sebesar 11,687 dan ttabel sebesar 2,002 (t hitung > t tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah belajar dengan menggunakan media pembelajaran website berbasis problem based learning pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis; media pembelajaran; usaha dan energi; website
Subjects: Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rismaya Fitriyani
Date Deposited: 01 Nov 2021 09:57
Last Modified: 01 Nov 2021 09:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45719

Actions (login required)

View Item View Item