Tanggapan siswa terhadap pembelajaran Daring hubungannya dengan Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Garut

Azis, Hisyam Ibrahim Abdul (2021) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran Daring hubungannya dengan Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada saat pembelajaran daring berlangsung. Pembelajaran daring merupakan solusi pemerintah untuk menunjang pembelajaran tatap muka dimasa pandemi COVID-19 yang mengharuskan semua kegiatan belajar dilaksanakan di rumah. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang bersikap acuh tak acuh dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 4 Garut, (2) tingkat motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 4 Garut, (3) Sejauhmana hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring dengan motivasi belajar mereka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 4 Garut. Penelitian ini diasumsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring memiliki keterkaitan dengan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan ialah semakin positif tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Begitupun dengan sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini diambil sampel dari kelas VIII SMP Negeri 4 Garut sebanyak 117 siswa dari populasi 391 siswa. Analisis data menggunakan metode statistika yang terbagi ke dalam dua pendekatan, yaitu analisi parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring berkategori tinggi dengan rata-rata 3,744. (2) Tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berkategori tinggi dengan rata-rata 3,791. (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memperoleh nilai koefisien korelasi 0,583 berada dalam rentang 0,40 – 0,599 termasuk kategori sedang atau cukup. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung > ttabel (7,701 > 1,658) Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring dengang motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Pembelajaran; Daring; Motivasi; Belajar; Siswa
Subjects: Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haris Mansah
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:45
Last Modified: 12 Jan 2022 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45714

Actions (login required)

View Item View Item