Partisipasi masyarakat program Kampung Berdaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat : Studi deskriptif di Kampung Patrol Desa Sukamurni Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut

Karimah, Nenden Rhesi Latifatul (2021) Partisipasi masyarakat program Kampung Berdaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat : Studi deskriptif di Kampung Patrol Desa Sukamurni Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Program pemberdayaan dapat cepat terealisasikan jika masyarakat turut andil dalam setiap kegiatan, namun ternyata masih banyak masyarakat yang belum menyadari akan pentingnya partisipasi dalam pembangunan, hal ini mengakibatkan timbulnya rasa ketergantungan dalam diri masyarakat sehingga dibutuhkannya pendekatan partisipatif dalam program pemberdayaan yang melibatkan masyarakat di dalamnya. Dengan demikian antara lembaga (pembuat program) dan masyarakat harus bisa menjalin kerjasama agar tujuan kesejahteraan dapat terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pendekatan yang dilakukan oleh lembaga berdaya foundation dalam meningkatkan partisipasi masyarakat Kampung Patrol, bagaimana bentuk partisipasi masyarakat Kampung Patrol dalam melaksanakan program Kampung Berdaya dan bagaimana hasil partisipasi yang diperoleh masyarakat Kampung Patrol dengan adanya program Kampung Berdaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pemberdayaan yang di dalamnya terdapat teori partisipasi dari teori Suharto, Nasdian, Isbandi dan teori Cohen dan Uphoff yang menyatakan bahwa dalam melaksanakan program pemberdayaan, masyarakat harus turut andil serta aktif terlibat dalam setiap kegiatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada direktur program Kampung Berdaya serta masyarakat Kampung Patrol, observasi dilakukan di Kampung Berdaya untuk mengamati kegiatan serta dokumentasi digunakan untuk pelengkap dalam memperoleh data. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: pendekatan yang dilakukan oleh lembaga berdaya foundation menggunakan tekhnik PRA (participatory rural appraisal) yang mempunyai beberapa tahapan atau siklus yang mengharuskan masyarakat terlibat di dalamnya sehingga masyarakat Kampung Patrol mempunyai tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap program Kampung Berdaya. Bentuk dari partisipasi masyarakat Kampung Patrol terhadap program Kampung Berdaya yaitu: partisipasi buah pikiran, partisipasi tenaga, partisipasi harta benda, partisipasi partisipasi keterampilan dan kemahiran dan partisipasi sosial. Hasil partisipasi masyarakat Kampung Patrol dari adanya program Kampung Berdaya yaitu: meningkatnya kesejahteraan masyarakat Kampung Patrol dari berbagai aspek, yaitu: aspek kesehatan, pendidikan, ekonomi, serta sosialnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat; Pemberdayaan; Program Kampung Berdaya; Kesejahteraan;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nenden Rhesi Latifatul Karimah
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:41
Last Modified: 01 Nov 2021 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45696

Actions (login required)

View Item View Item