Pengaruh Service Quality, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Donor loyalty : Studi kasus di Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Jawa Barat

Sya'adah, Neng Sri Astuti (2021) Pengaruh Service Quality, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Donor loyalty : Studi kasus di Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (918kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Perekonomian Islam dan lembaga keuangan yang berbasis islam di Indonesia kini semakin berkembang. Termasuk perkembangan lembaga amil zakat (LAZ) sebagai salah satu instrumen penting dalam mengoptimalisasikan potensi dana zakat yang ada di Indonesia. Bermunculannya LAZ tersebut mempunyai tantangan tersendiri untuk dapat meningkatkan loyalitas masyarakat terhadap LAZ agar terkelolanya potensi dana zakat yang ada. Fenomena tersebut menuntut setiap lembaga untuk mempunyai service quality, brand image, serta brand trust yang kuat sebagai faktor pendukung terciptanya donor loyalty pada LAZ, yang dalam hal ini pada LAZ Dompet Dhuafa Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk memahami pengaruh service quality secara parsial terhadap donor loyalty, (2) Untuk memahami pengaruh brand image secara parsial terhadap donor loyalty, (3) Untuk memahami pengaruh brand trust secara parsial terhadap donor loyalty, (4) Untuk memahami besar pengaruh service quality, brand image dan brand trust secara simultan terhadap donor loyalty. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari hasil kuesioner para responden yang merupakan donor dari LAZ Dompet Dhuafa Jawa Barat. Alat uji yang digunakan yaitu metode uji asumsi klasik, deskriptif, analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, dan uji signifikansi melalui uji t dan uji F. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial pengaruh service quality ditunjukan oleh hasil t hitung > t tabel yaitu sebesar (17,704 > 1,97), artinya terdapat pengaruh positif signifikan antara service quality secara parsial terhadap donor loyalty. (2) secara parsial pengaruh brand image ditunjukan oleh hasil t hitung > t tabel yaitu sebesar (22,706 > 1,97), artinya tedapat pengaruh positif signifikan antara brand image secara parsial terhadap donor loyalty. (3) secara parsial pengaruh brand trust ditunjukan oleh hasil t hitung > t tabel yaitu sebesar (21,917 > 1,97), artinya terdapat pengaruh positif signifikan antara brand trust secara parsial terhadap donor loyalty. (4) secara simultan pengaruh service quality, brand image, dan brand trust ditunjukan oleh hasil Fhitung > Ftabel yaitu sebesar (251,012 > 2,64), artinya berpengaruh positif signifikan antara service quality, brand image, dan brand trust secara simultan terhadap donor loyalty dengan nilai koefisien determinasi sebesar 69,0%. Jadi, faktor service quality yang donor dapatkan ketika menyalurkan donasinya melalui LAZ Dompet Dhuafa Jawa Barat, kemudian brand image, brand trust adalah ketiga faktor dari banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi donor untuk membangun sebuah loyalitas pada lembaga amil zakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Service quality; Brand image; Brand trust; Donor loyalty.
Subjects: Islam > Islam and Economics
Financial Economics, Finance
Customs of People > Organization and Management
Business > Data Processing and Analysis of Business
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Neng Sri Astuti Syaadah
Date Deposited: 31 Oct 2021 23:29
Last Modified: 31 Oct 2021 23:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45690

Actions (login required)

View Item View Item