Manajemen startegis pendayagunaan zakat [roduktif melalui program Layanan Mulia Inisiatif (LAMNUS) : Studi deskriptif di LAZNAS inisiatif zakat Indonesia jalan Cikutra no 95 Bandung Jawa Barat

Aziz, Abdul (2021) Manajemen startegis pendayagunaan zakat [roduktif melalui program Layanan Mulia Inisiatif (LAMNUS) : Studi deskriptif di LAZNAS inisiatif zakat Indonesia jalan Cikutra no 95 Bandung Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy

Abstract

Proses sebuah pendistribusian dan pendayagunaan zakat di Indonesia dipandang krusial karena dalam pendistribusian dan pendayagunaan zakat di Indonesia menjadi tolak ukur kesejahteraan Indonesia. Dalam perumusan strategi zakat tersebut dijelaskan kedalam tiga tahap, yaitu formulasi dalam pendayagunaan zakat, tahapan implementasi dan evaluasi yang menjadi indikator keberhasilan program layanan mulia inisiatif LAZ IZI. Penelitian ini bertujuan untuk memutuskan statategi yang digunakan dalam pendayagunaan dana zakat, infaq dan shaqah dalam program layanan mulia inisiatif di Lembaga Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia. Baik itu dari instansi, program, maupun variabel-variabel yang mempengaruhi pencapaian program layanan mulia inisiatif. Strategi adalah metodologi umum yang diidentifikasikan dengan pelaksanaan pemikiran, perencanaan dan pelaksanaan suatu tindakan dalam jangka waktu tertentu. Suatu sistem membutuhkan pemeriksaan alami, baik internal maupun eksternal, khususnya peluang, ancaman dan tantangan seperti halnya kualitas dan kuantitas. Harapan umtuk mengantisipasi perkembangan yang akan terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode yang tujuannya dimaksudkan untuk menggambarkan realitas yang ada. Metode pengumpulan data yang dihimpun melalui teknik observasi, wawancara, studi dokumen dan studi pusaka. Hasil penelitian dalam pendayagunaan zakat para program layanan mulia inisiatif melakukan stategi atau perencanaan dengan baik, tahap pertama yaitu tahap formulasi LAZNAS IZI mempertimbangkan dan mempersiapkan secara matang agar berjalan efektif. Pada tahap implementasi dalam pelaksanaannya dilakukan secara sistematis dari kelima program yang dijalankan dalam bidang pendayagunaan yaitu IZI to Succes, Smart, Fit, Iman, Help. Tahap evaluasi dilakukan secara konsisten agar program yang telah dilakukan dan direncanakan bisa lebih optimal dan diperbaiki secara berkala dan bisa dirasakan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Pendayagunaan; Pendistibusian; Zakat;
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Abdul Aziz
Date Deposited: 31 Oct 2021 23:25
Last Modified: 31 Oct 2021 23:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45689

Actions (login required)

View Item View Item