Hubungan penggunaan aplikasi Google Form melalui media audio visual dengan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa pada materi haji dan umrah : Penelitian di kelas IX SMP IT Nurul Imam Kab. Bandung Barat

Mardhatillah, Syilvia (2021) Hubungan penggunaan aplikasi Google Form melalui media audio visual dengan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa pada materi haji dan umrah : Penelitian di kelas IX SMP IT Nurul Imam Kab. Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya surat edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui daring. Penggunaan gadget di masa pandemi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berbasis aplikasi salah satunya yaitu aplikasi Google Form, hal ini didasari oleh siswa yang cenderung lebih banyak berinteraksi dengan gadget selama pembelajaran daring ini, sehingga tanggapan terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual semakin tinggi. kemudian pada satu sisi, respon siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media audio visual sangat baik. Namun, di sisi lain masih ada siswa yang hasil belajarnya cukup rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas penggunaan aplikasi Google Form melalui media audio visual pada materi haji dan umrah di kelas XI SMP IT Nurul Imam 2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa pada materi haji dan umrah 3) Hubungan penggunaan aplikasi Google Form melalui media audio visual dengan hasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi haji dan umrah. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu penggunaan media pembelajaran audio visual. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif penggunaan Google Form melalui media audio visual dengan hasil belajar siswa pada materi haji dan umrah di kelas IX SMP IT Nurul Imam Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden 30 orang siswa kelas IX SMP IT Nurul Imam dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, angket, dan tes. Adapun teknik analisis data yaitu: Analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Realitas penggunaan aplikasi Google Form melalui media audio visual berkategori baik dengan nilai rata-rata 4,13 yang berada pada interval 3,40-4,19. (2) Hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 81,7 berkategori sangat baik, yang berada pada interval 80-100. (3) Hubungan penggunaan aplikasi Google Form melalui media audio visual dengan hasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi haji dan umrah berkategori sedang, memperoleh angka koefisien 0,50 yang berada pada interval 0,40 – 0,59. Hasil pengujian hipotesis memperoleh thitung (3,0542)> ttabel (2,05) yang artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Google Form; Audio Visual; Hasil Belajar Siswa;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syilvia Mardhatillah
Date Deposited: 02 Nov 2021 01:19
Last Modified: 02 Nov 2021 01:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45670

Actions (login required)

View Item View Item