Peran orang tua dalam pembentukan akhlak anak melalui pembelajaran daring di masa pandemi : Analisis ilmu pendidikan Islam dalam keluarga

Fauziyyah, Talitha Salma (2021) Peran orang tua dalam pembentukan akhlak anak melalui pembelajaran daring di masa pandemi : Analisis ilmu pendidikan Islam dalam keluarga. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pandemi covid-19 yang sudah berjalan hampir dua tahun lamanya sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Berangkat dari pemahaman dalam peranan orang tua dalam pembentukan akhlak anak di tengah-tengah masa pandemi ini yang mengharuskan anak melakukan proses pembelajaran secara daring dan orang tua memiliki peranan ganda sebagai orang tua juga sebagai pengganti guru di rumah yang harus senantiasa menemani dan memperhatikan anak-anaknya. Maka dari itu, orangtualah yang berperan penuh dalam membimbing anak belajar di rumah terutama dalam pembentukan akhlak anak. Tujuan peneltan ini untuk: 1) Mendeskripsikan keadaan anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi, 2) Mendeskripsikan peran orang tua dalam pembentukan akhlak anak melalui pembelajaran daring di masa pandemi, 3) Mendeskripsikan hambatan yang dihadapi orang tua dalam pembentukan akhlak anak melalui pembelajaran daring di masa pandemi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif,. Data yang diambil dari wakil orang tua sebagai narasumber yang berada ditempat penelitian. Alat pengumpul data: observasi, wawancara, dan studi literatur. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Keadaan anak dalam pembelajaran daring adalah kurang baik, tidak fokus, butuh pembinaan dan motivasi lebih dari lingkungan sekitarnya. Namun, ada pula anak yang merasa enjoy dengan lebih banyak waktu di rumah. 2) Peran orang tua dirasa sangat penting dalam proses pembimbingan anak apalagi dalam usaha pembentukan akhlak anak, orang tua memiliki tanggung jawab untuk memberikan nilai-nilai budi pekerti yang baik kepada anak-anaknya. 3) Hambatan yang dihadapi orang tua dalam pembentukan akhlak anak melalui pembelajaran daring di masa pandemi ini ialah rasa kurang diranah penddikan umum, orang tua merasa kurang memahami dan menguasai materi-materi yang harus disampaikannya kembali kepada anak, terlebih lagi sulit membangun komunikasi yang baik kepada anak, tingkat emosional tiap usia anak yang berbeda-beda menjadikan hambatan untuk orang tua mencari cara yang tepat dalam menanamkan nilai-nali pendidikan Islam dalam pembentukan akhlak anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peranan orang tua; pembelajaran daring; pembentukan akhlak
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Talitha Salma Fauziyyah
Date Deposited: 01 Nov 2021 08:22
Last Modified: 01 Nov 2021 08:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45669

Actions (login required)

View Item View Item