Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Cianjur nomor 4 tahun 2015 tentang desa perspektif Siyasah Dusturiyah : Studi kasus perencanaan dan pembangunan Desa Benjot Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur tahun 2020

Nurfadli, Muhammad Rajli (2021) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Cianjur nomor 4 tahun 2015 tentang desa perspektif Siyasah Dusturiyah : Studi kasus perencanaan dan pembangunan Desa Benjot Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur tahun 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Cianjur Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Desa, pembangunan desa dilaksanakan sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD). Namun, fakta di lapangan, ada program yang tidak terealisasi secara linear meski termaktub dalam RKPD, seperti pembangunan jembatan, jamban umum, fasilitas sampah serta program peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan aparatur desa. Tujuan Penelitian ini adalah Pertama untuk mengetahui dan mengkaji implementasi perencanaan dan pembangunan sesuai Perda Kabupaten Cianjur Nomor 4 Tahun 2015 tentang Desa. Kedua, untuk mengetahui dan mengkaji hambatan atau kendala dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Ketiga, untuk mengetahui dan mengkaji tinjauan siyasah dusturiyah terhadap implementasi perencanaan dan pembangunan sesuai Perda Kabupaten Cianjur Nomor 4 Tahun 2015 tentang Desa. Implementasi kebijakan publik sebagai acuan dasar yang akan mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan dalam lingkup penerapan perda dan program desa, teori efektivitas hukum berperan mencari solusi kebijakan pemerintah dalam menghadapi hambatan di lapangan dan tinjauan siyasah dusturiyah dalam menerapkan nilai-nilai pelaksanaan hukum. Metode yang digunakan adalah deskriptif, yaitu menggambarkan dan menjelaskan secara sistematis terhadap fakta-fakta yang hadir di lapangan. Pengumpulan data akan berdasar kepada observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan penulis adalah metode kualitatif yaitu menguraikan data dengan mengintrepretasikan pemahaman terhadap hasil pemahaman. Data yang diperoleh meliputi data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa mengenai implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Cianjur Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Desa, Pertama, prenerapan perda dan program desa tahun 2020 telah ditempuh pemerintah Desa Benjot meskipun tidak sepenuhnya sesuai dengan RKPDesa. Kedua, beberapa program yang terhambat dan tidak ditemukan solusi pelaksanaanya pada akhirnya tidak terealiasi. Ketiga, Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap Implementasi perencanaan dan pembangunan Desa Benjot tahun 2020 sangat relevan dengan prinsip-prinsip pelaksaaan hukum dalam islam yang berorientasi terhadap kemaslahatan umat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perda;Program Desa;Penerapan Perda dan Program Desa;
Subjects: Education, Research
Social Process > Leadership
Law > Research and Statistical Methods of Law
Law > Legal Systems
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Muhammad Rajli Nurfadli
Date Deposited: 31 Oct 2021 23:12
Last Modified: 31 Oct 2021 23:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45661

Actions (login required)

View Item View Item