Perubahan pola perilaku anak pra remaja selama pandemi Covid-19 : Penelitian perubahan perilaku sosial anak dalam pembelajaran daring di Desa Cipeujeuh Kabupaten Bandung

Elsera, Eva Fauziah (2021) Perubahan pola perilaku anak pra remaja selama pandemi Covid-19 : Penelitian perubahan perilaku sosial anak dalam pembelajaran daring di Desa Cipeujeuh Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
2_ABSTRACT.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan perilaku pada anak pra remaja dilatar belakangi oleh adanya sebuah aturan yang dibuat pemerintah untuk dapat menekan laju penyebaran Covid-19. Pemberlakukan PSBB yang didalamnya termuat aturan yang berdampak langsung pada anak pra remaja ialah peraturan mengenai pembelajaran daring yang menjadikan beberapa kegiatan dari anak pra remaja menjadi terbatasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk dapat menggali data sekaligus mengetahui perubahan perilaku sosial serta dampak apa saja yang terjadi pada anak pra remaja di Desa Cipeujeuh selama pandemi Covid-19 berlangsung, tentunya dengan menggali informasi apa yang menjadi sebab dari perubahan perilaku sosial tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian kali ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber, dari semua tindakan sosial yang dilakukan oleh anak pra remaja tentulah memiliki makna baik untuk dirinya sendiri dan juga untuk individu disekitarnya. Termasuk perubahan perilaku sosial yang terjadi pada anak pra remaja di Desa Cipeujeuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kali ini ialah metode penelitian kualitatif, dengan sumber data primer berupa data dari informan melalui proses wawancara dan observasi serta data sekunder yang berasal dari kantor Desa Cipeujeuh, dokumentasi, dan referensi lain dari berbagai macam buku serta jurnal. Sedangkan untuk menganalisa data yang telah didapat sebelumnya, menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat menyatakan bahwa selama adanya pandemi Covid-19 ini berpengaruh pada perubahan perilaku sosial anak pra remaja di Desa Cipeujeuh, perubahan perilaku sosial yang dimaksud adalah seperti lebih sering berselisih paham, malas dalam belajar, hilangnya semangat belajar, serta mulai terkikisnya rasa hormat terhadap guru disekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19; Perubahan perilaku; Anak pra remaja;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Process > Social Norms
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Eva Fauziah Elsera
Date Deposited: 01 Nov 2021 09:44
Last Modified: 01 Nov 2021 09:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45655

Actions (login required)

View Item View Item