Respon tokoh masyarakat dalam kegiatan keagamaan di tengah pandemi Covid-19 : Penelitian di Parakanmuncang Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

Apriliani, Fina (2021) Respon tokoh masyarakat dalam kegiatan keagamaan di tengah pandemi Covid-19 : Penelitian di Parakanmuncang Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi oleh adanya pembatasan kegiatan keagamaan di Rw 04 Parakanmuncang sebagai akibat dari adanya pandemi covid-19, adanya pandemi covid-19 membawa perubahan dalam kehidupan keagamaan masyarakat Rw 04 Parakanmuncang dimana banyak kegiatan keagamaan yang harus diberhentikan untuk sementara waktu, penelitian ini juga dilatarbelakangi untuk mengetahui bagaimana respon masyarakat RW 04 Parakanmuncang terkait hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh data dan informasi mengenai bagaimana kegiatan keagamaan di Parakanmuncang sebelum pandemi, bagaimana kegiatan keagamaan di Parakanmuncang saat pandemi, dan bagaimana respon masyarakat dalam kegiatan keagamaan ditengah pandemi covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori stimulus respon, dimana ada respon dari masyarakat Parakanmuncang terhadap adanya stimulus yang diberikan oleh pemerintah yaitu himbauan untuk membatasi kegiatan keagamaan, dan teori interaksionisme simbolik dimana simbol berupa himbauan dari pemerintah desa mempengaruhi masyarakat Parakanmuncang dalam memaknai kegiatan keagamanan ditengah pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari masyarakat Parakanmuncang Rw 04, dan data sekunder berupa penelitian terdahulu dan dokumentasi selama penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa data dari lapangan selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa sebelum adanya pandemi, masyarakat Parakanmuncang menjalankan kegiatan keagamaan seperti biasanya, dan masjid selalu dipenuhi oleh aktivitas jamaah dalam hal keagamaan. Disaat pandemi ada perubahan dalam kegiatan keagamaan di Parakanmuncang, dimana ada beberapa kegiatan yang terpaksa harus diberhentikan untuk sementara waktu. Respon masyarakat dalam kegiatan keagamaan ditengah pandemi yaitu, masyarakat menerima adanya pembatasan kegiatan keagamaan tetapi ada juga masyarakat yang merasa kecewa dengan adanya pembagasan kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pandemi;respon;masyarakat;kegiatan keagamaan;
Subjects: Islam > Rites, Prayer
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fina Apriliani
Date Deposited: 31 Oct 2021 22:33
Last Modified: 31 Oct 2021 22:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45644

Actions (login required)

View Item View Item