Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Rohis (Rohani Islam) terhadap sikap keagamaan siswa: Penelitian di SMA Negeri 1 Lembang

Lestari, Lia (2021) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Rohis (Rohani Islam) terhadap sikap keagamaan siswa: Penelitian di SMA Negeri 1 Lembang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter siswa terutama dalam hal keagamaan yang umumnya terjadi pada satuan pendidikan. Meskipun dalam mata pelajaran sudah terdapat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, namun itu bukan menjadi penentu keberhasilan sikap keagamaan siswa. Maka dari itu perlunya penambahan pendidikan keagamaan di luar jam sekolah. Dalam hal ini sekolah memfasilitasi berbagai ektrakurikuler, namun yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah keagamaan, maka ektrakurikuler yang tepat adalah Rohis atau Rohani Islam yang diharapkan dapat membangun karakter seperti akhlak siswa dan menambah wawasan mengenai keagamaan Islam. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kegiatan ekstrakurikuer Rohis di SMA Negeri 1 Lembang, (2) bagaimana sikap keagamaan siswa di SMA Negeri Lembang, dan (3) bagaimana pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Rohis terhadap sikap keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Lembang. Penelitian ini diasumsikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Rohis memilliki keterikatan dengan sikap keagamaan siswa. Dari asumsi ini dapat ditarik hipotesis bahwa semakin positif atau tinggi kegiatan ekstrakurikuler Rohis, maka semakin baik pula sikap keagamaan siswa, begitupun sebaliknya. Dalam penelitian ini diduga bahwa kegiatan ekstrakurikuler rohis berpengaruh terhadap sikap keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Lembang. Semakin baik kegiatan ekstrakurikuler rohis, semakin baik pula sikap keagamaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori. Sumber data didapat melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 55 siswa dari populasi 213 siswa. Analisis data menggunakan analisis data statistika dengan analisis parsial dan korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Realitas kegiatan ekstrakurikuler Rohis berkategori tinggi dengan rata-rata 3,78. (2) Realitas sikap keagamaan siswa berkategori baik atau tinggi dengan rata-rata 4,18. (3) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Rohis terhadap sikap keagamaan siswa memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,001, berdejarat hubungan kategori sedang yaitu 0,499 dengan arah hubungan positif. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 24,9% dengan 75,1% sebagai factor lain yang mempengaruhi sikap keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Lembang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler; Rohis; Sikap; Keagamaan; Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:50
Last Modified: 29 Oct 2021 07:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45636

Actions (login required)

View Item View Item