Implementasi metode Information Search dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VIII di SMP Rancamanyar Kab. Bandung

Aeni, Venisa Nur (2021) Implementasi metode Information Search dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VIII di SMP Rancamanyar Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pihak sekolah dan para guru harus membuat suatu inovasi agar kegiatan pembelajaran ini dapat berjalan secara efektif dan efisien. Salah satu inovasinya dengan menggunakan metode yang interaktif. Pada kenyataannya masih banyak guru yang menggunakan metode klasik, seperti metode ceramah, latihan, dan lain-lain. Metode tersebut jika dilaksanakan terus-menerus dalam keadaan seperti ini akan menyebabkan peserta didik menjadi kurang aktif dan tidak mandiri. Salah satu inovasinya dengan menggunakan metode Information Search yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk lebih aktif, mandiri, dan mudah untuk mencari informasi dari berbagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Metode Information Search dalam pembelajaran daring; 2) Pelaksanaan metode Information Search dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Rancamanyar Kab. Bandung; 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode Information Search dalam pembelajaran daring di SMP Rancamanyar Kab. Bandung; 4) Hasil yang didapat dari pelaksanaan metode Information Search dalam pembelajaran daring di SMP Rancamanyar Kab. Bandung. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa guru harus melakukan pembaharuan dalam menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan keadaan saat ini. Pada kenyataannya pembelajaran daring mengakibatkan sebagian peserta didik menjadi malas atau bosan saat kegiatan pembelajaran dikarenakan sebagian guru masih menggunakan metode klasik. Metode Information Search ini merupakan salah satu metode dalam pembelajaran aktif, karena kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik (student center). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dokumentasi, dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Miles dan Huberman dengan langkah : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: 1) Metode Information Search dalam pembelajaran daring sebetulnya sama hakikatnya seperti pembelajaran luring, hanya saja dalam teknik pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi sekarang; 2) Pelaksanaan metode Information Search dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Rancamanyar dapat dikatakan terlaksana dengan baik. Hal tersebut terlihat dari guru yang sudah mengoptimalkan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien; 3) Faktor pendukung pelaksanaan metode Information Search dalam pembelajaran daring di antaranya: semangat yang tinggi, peserta didik yang aktif, HP sebagai penunjang KBM. Sedangkan faktor penghambatnya: hanya sebagian yang memiliki HP, malas, kurang pendampingan dari orang tua, terbatasnya guru dalam menjelaskan materi, informasi yang terbatas jika sumber belajarnya terbatas, dan peserta didik hanya fokus pada satu tugas; 4) Hasil yang didapat dari pelaksanaan metode Information Search dalam pembelajaran daring yaitu nilai PTS yang melampaui KKM serta terjalinnya hubungan antara peserta didik, guru, orang tua, dan teman sekelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Information Search; Pembelajaran Daring; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Venisa Nur Aeni
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:29
Last Modified: 01 Nov 2021 01:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45628

Actions (login required)

View Item View Item