Peran dan fungsi Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam meminimalisir angka perceraian: Studi di BP4 Kecamatan Garut Kota dan BP4 Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut

Nasrulloh, Adang Muhamad (2021) Peran dan fungsi Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam meminimalisir angka perceraian: Studi di BP4 Kecamatan Garut Kota dan BP4 Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Adang Muhamad Nasrulloh: Peran Dan Fungsi Badan Penasihatan Pembinaan Dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Dalam Meminimalisir Angka Perceraian (Studi di BP4 Kecamatan Garut Kota Dan BP4 Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut). BP4 secara historis merupakan satu-satunya lembaga yang bertugas menunjang sebagian tugas Departemen Agama dalam hal ini Ditjen Bimas Islam dan Urusan Haji dalam bidang penasihatan perkawinan, perselisihan dan perceraian. Namun pada dewasa ini perceraian yang terjadi di Kabupaten Garut termasuk tinggi di Jawa Barat yaitu 14.524 kasus terhitung dari tahun 2017-2019. 396 kasus terjadi di Kecamatan Garut Kota dan 299 kasus terjadi di Kecamatan Karangpawitan pada tahun 2020, hal ini termasuk daerah yang angka percerainnya tertinggi diantara kecamatan lain yang ada di Kabupaten Garut. Tujuan yang hendak dicapai adalah (1) Untuk mengetaui faktor penyebab meningkatnya angka perceraian yang terjadi di Kecamatan Garut Kota dan Kecamatan Karangpawitan, (2) Untuk mengetahui usaha yang dilakukan BP4 Kecamatan Garut Kota dan Kecamatan Karangpawitan dalam mengurangi meningkatnya angka perceraian, (3) Untuk mengetahui aspek pendukung dan penghambat Usaha BP4 Kecamatan Garut Kota dan BP4 Kecamatan Karangpawitan dalam mengurangi meningkatnya angka perceraian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas hukum kaitannya dengan peran dan fungsi Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) melalui sebuah usaha yang dilakukan dalam mengurangi meningkatnya angka percerian di Kecamatan Garut Kota dan Karangpawitan. Penelitian ini termasuk jenis data kualitatif memakai pendekatan studi kasus dengan jenis deskriptif analisis, pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai peran dan fungsi BP4 dalam mengurangi meningkatnya angka percerain. Hasil penelitian menunjukan (1) faktor utama penyebab perceraian di Kecamatan Garut Kota dan Kecamatan Karangpawitan yaitu kesulitan ekonomi. (2). Usaha BP4 Kecamatan Garut Kota yaitu; penasihatan kepada calon pengantin, penasihatan kepada masyarakat yang sudah berumah tangga, penasihatan kepada suami isteri yang mengalami konflik, dan membuat brosur pembinaan keluarga. Adapun usaha BP4 Kecamatan Karangpawitan yaitu: kursus calon pengantin, bimbingan perkawinan bagi remaja, bimbingan perkawinan bagi anak SMA, dan penasihatan bagi pasangan suami istri yang hendak bercerai. (3) Aspek pendukung usaha BP4 Kecamatan Garut Kota dan BP4 Kecamatan Karangpawitan yaitu Sumber daya Manusia (SDM) yang sudah bekompeten dalam bidang Agama sedangkan aspek penghambat usaha BP4 Kecamatan Garut Kota dan BP4 Kecamatan Karangpawitan yaitu terletak pada sarana dan prasarana, kuranggnya anggran untuk melaksanakan usaha, tingkat kesadaran masyarakat, dan kuranggnya rasa tanggung jawab dari sebagian anggota BP4.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran dan fungsi;BP4;Perceraian
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Perceraian Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Adang Muhamad Nasrulloh
Date Deposited: 29 Oct 2021 08:08
Last Modified: 29 Oct 2021 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45622

Actions (login required)

View Item View Item