Konsep Bullying verbal perspektif Tasawuf : Analisis pemikiran Imam Al-Ghazali tentang bahaya lisan dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin

Pahlevi, Fauziah Endah (2021) Konsep Bullying verbal perspektif Tasawuf : Analisis pemikiran Imam Al-Ghazali tentang bahaya lisan dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bullying verbal yang sering dianggap remeh oleh manusia pada zaman ini. Penelitian ini memuat berbagai pengertian mengenai bullying verbal, sampai kepada pandangan salah satu tokoh tasawuf yaitu Imam Al-Ghazali juga telah membahas tentang hal ini di dalam kitabnya yaitu Ihya ‘Ulumuddin dengan pembahasan mengenai bahaya lisan. Menurut Imam Al-Ghazali mengenai hal ini merupakan bersumber orang yang tidak mampu menjaga lisannya. Sehingga mengakibatkan seseorang mengalami kebencanaan lidah yang beberapa diantaranya seperti melaknat, pembicaraan yang tak berguna sampai menggunjing merupakan pembahasan yang mengarah kepada bullying verbal yang telah diungkapkan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya ‘Ulumudin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai konsep bullying verbal menurut tasawuf dalam pandangan Imam Al-Ghazali di dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin. Baik pengertian, dampak, hingga solusi untuk mengatasi bullying verbal berdasarkan analisis pemikiran Imam Al-Ghazali mengenai bahaya lisan dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka (library research). Sedangkan data yang dikumpulkan pada penelitian ini bersumber dari data primer yaitu kitab Ihya ‘Ulumuddin serta data sekunder yang merupakan data-data pendukung untuk melengkapi dan membuat penelitian ini menjadi lebih baik. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi yaitu mengumpulkan data-data yang bersifat tertulis berupa buku-buku, majalah, jurnal dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil analisis mengenai bahaya lisan dalam penelitian ini yang mengarah kepada bullying verbal dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin menurut pandangan Imam Al-Ghazali adalah termasuk didalamnya ucapan tak berguna, melaknat, meremehkan, menggunjing, ucapan keji dan cabul, serta pembicaraan mengenai kebatilan. Al-Ghazali juga mengungkapkan dampak buruk bagi orang yang tidak menjaga lisan dalam tasawuf adanya istilah riya’, kemudian akan kehilangan kepercayaan dari orang lain serta tidak akan mencapai hakikat keimanan. Adapun solusi untuk mengatasi hal tersebut Imam Al-Ghazali mengungkapkan mengenai keutamaan diam. Bahwasannya diam dan tidak melakukan apapaun lebih baik dari pada bergerak dapat menjerumuskan kepada hal-hal yang buruk. Serta menganjurkan diam sambil terus menerus berdzikir kepada Allah agar tetap mendapatkan nilai kebaikan dari melakukan diam tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bullying Verbal; Imam Al-Ghazali; Ihya 'Ulumuddin; Bahaya Lisan
Subjects: Bibliography > Special Topics of Bibliography
Psychology
Islam > Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: fauziah endah pahlevi
Date Deposited: 31 Oct 2021 23:09
Last Modified: 31 Oct 2021 23:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45620

Actions (login required)

View Item View Item