Model pemberdayaan Komunitas Disabilatas Cianjur (KDC) melalui program keterampilan membatik dalam meningkatkan sumber daya manusia : Studi deskriptif loka bina karya Kabupaten Cianjur Jl. Gatot Mangkupraja No. 51, Nagrak, Cianjur

Fauzia, Diana (2021) Model pemberdayaan Komunitas Disabilatas Cianjur (KDC) melalui program keterampilan membatik dalam meningkatkan sumber daya manusia : Studi deskriptif loka bina karya Kabupaten Cianjur Jl. Gatot Mangkupraja No. 51, Nagrak, Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Penyandang disabilitas merupakan masyarakat yang memiliki suatu kedudukan, hak, kewajiban dan peran yang sama denga masyarakat pada umunya dalam segala aspek kehidupan dan kesejahteraan, baik dari segi pendidikan, ketenagakerjaan, komunikasi dan lain-lain sesuai dengan UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandangan Disabilitas. Penyandang disabilitas harus mendapatkan perhatian khusus serta dapat didayagunakan agar kelompok masyarakat disabilitas memiliki kemampuan keterampilan dalam menjalani kehidupan yang mandiri. Dalam upaya menangani masalah sosial tersebut, perlu adanya pemberdayaan terhadap kelompok disabilitas untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, kesetaraan hak, kewajiban dan kedudukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif yang menggunakan jenis data kualitatif bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data primer yang diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian data sekunder yaitu data yang didapat melalui suatu sumber atau karya tulis seperti buku, artikel, jurna yang relevan dengan pembahasan penelitian untuk mendukung data dilapangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil dari pemberdayaan anggota Komunitas Disabilitas Cianjur. Penelitian ini menggunakan analisis Teori Pemberdayaan menurut sedermayanti Pemberdayaan SDM merupakan suatu kegaiatan yang memberdayakan individu-individu melalui perubahan dan pengembangan berupa kemampuan, wewenang, dan tanggung jawab, dalam kegiatan organisasi atau komunitas untuk meningkatkan kualitas SDM. Hasil penelitaian menujukan bahwa Pemberdayaan Komunitas memberi pengaruh dan dampak baik bagi anggota disabilitas yang tidak memiliki kegiatan lain. Anggota diarahkan kedalam dua bidang yaitu olahraga yang kemudian menjadi atlit organisasi Nasional Paralympic Committe Indonesia dan ada dalam bidang kesenian yaitu keterampilan membatik. Hasil dari kegiatan membatik ini, dapat mengembangkan minat dan bakat yang telah dileroleh dari hasil pelatihan dan menjadi pegawai dari usaha batik bernama Mitra Jaya Batik.Selama berjalannya waktu , Mereka membuat Batik Sawargi sebagai merek hasil produk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; SDM; Diasabilitas;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Diana Fauzia
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:13
Last Modified: 29 Oct 2021 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45607

Actions (login required)

View Item View Item