Peran Himpunan Pemuda Tani (HIMPETA) dalam pemberdayaan pemuda di masa pandemi Covid-19 : Penelitian di Komplek Bumi Langgeng Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Yahya, Nanda Hasna Salsabila Aulia (2021) Peran Himpunan Pemuda Tani (HIMPETA) dalam pemberdayaan pemuda di masa pandemi Covid-19 : Penelitian di Komplek Bumi Langgeng Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Segala aktivitas manusia menjadi terbatas, utamanya dalam proses interaksi sosial. Sebuah pandemi bernama Covid-19, menyerang seluruh dunia yang menjadi penyebabnya. Kondisi ini, membuat masyarakat utamanya para pemuda mengalami yang namanya‘gabut’. Karena tidak memiliki aktivitas yang harus dilakukan, ‘gabut’ akhirnya membuat produktivitas pemuda menjadi turun.Sebuah Himpunan pun terbentuk untuk mengatasi hal ini. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana sebuah organisasi yaitu Himpunan Pemuda Tani (HIMPETA) bisa berperan dalam memberdayakan pemuda di masa pandemi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, adalah Teori Peran dari Ralph Linton. Bahwa setiap manusia di dalam sebuah kelompok memiliki status, dan dalam status itu terdapat Peran seorang individu tidak bisa berdiri sendiri. Dalam sebuah peran yang dijalankan, terdapat bula pemberdayaan didalamnya agar dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Penelitian ini, menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode Deskriptif. Peneliti mengidentifikasi sebuah organisasi, bagaimana berperan dalam memberdayakan pemuda di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Lokasi penelitian dilakukan di taman WIDIIH. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa sebuah himpunan yang aktif dapat berperan menjadi wadah pemberdayaan bagi para pemuda di masyarakat dengan dukungan dari masyarakat dan tokoh masyarakat setempat. Dengan menciptakan program kerja serta kegiatan rutin, yang nantinya dilaksanakan oleh para anggotanya selama masa pandemi ini. Kegiatan ini berisi nilai manfaat yang tidak hanya untuk sekedar dilakukan saja, namun terdapat ilmu pengetahuan serta keterampilan praktek secara langsung untuk para pemuda, kerjasama dan ketekunan sangat diperlukan disini karna terdapat faktor pendukung serta penghambat. Dengan hadirnya himpunan ini, para pemuda dapat meningkatkan produktivitasnya dan menghilangkan ‘gabut’ selama masa pandemi belum usai dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat dan menghasilkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pemuda; Pemberdayaan; Himpunan Pemuda Tani
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nanda Hasna Salsabila Aulia Yahya
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:40
Last Modified: 28 Oct 2021 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45539

Actions (login required)

View Item View Item