Penerapan model Introduction, Connect, Apply, Reflect, dan Extend (ICARE) untuk meningkatkan pemahaman matematis : Penelitian tindakan kelas di Raudlatul Irfan Cianjur

Chairin, Robbi Arini Fajriani (2021) Penerapan model Introduction, Connect, Apply, Reflect, dan Extend (ICARE) untuk meningkatkan pemahaman matematis : Penelitian tindakan kelas di Raudlatul Irfan Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami siswa kelas IV MIS Raudlatul Irfan dalam mata pelajaran matematika. Dibuktikan dengan presentase belajar siswa dikelas sebelumnya terbukti dari hasil tes yang diberikan peneliti diantara 16 siswa hanya 3 orang yang dapat menjawab soal dengan tepat 13 siswa lainnya masih kurang tepat dengan rata-rata nilai 64,25 dalam menjawab soal. Salah satu upaya dalam mengetaskan permasalahan tersebut adalah mengupayakan menggunakan model pembelajaran ICARE, sehingga nanti dalam penerapan tersebut diduga siswa menjadi paham terhadap sistematika belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pemahaman matematis siswa kelas IV MIS Raudhalatul Irfan Cianjur sebelum diterapkannya model ICARE 2) untuk mengetahui proses penerapan model ICARE di kelas IV MIS Raudhalatul Irfan Cianjur pada setiap siklus 3) untuk mengetahui pemahaman matematis siswa kelas IV MIS Raudhalatul Irfan Cianjur setelah diterapkan model ICARE pada setiap siklus. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada 16 siswa kelas IV di MIS Raudhalatul Irfan Cianjur instrument penelitian ini menggunakan instrument tes kognitif pemahaman matematis dan observasi Hasil penelitian ini, yaitu 1) kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum menggunakan model ICARE pada mata pelajaran matematika memperoleh hasil rata-rata 64,25 dengan persentase klasikal belajar 18,75%, 2) penggunaan model pembelajaran ICARE berjalan sesuai dengan tahapannya persentase aktivitas guru siklus I 71,5% dengan kategori cukup dan pada siklus II yaitu 82% dengan kategori baik. Untuk persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70,6% pada siklus II 86,75% 3) kemampuan pemahaman matematis siswa setelah menggunakan ICARE siklus I tindakan I memperoleh rata-rata 74,75 siklus I tindakan II memperoleh rata-rata 78,5 siklus II tindakan I memperoleh rata-rata 80,75 dan siklus II tindakan II memperoleh rata-rata 95,75.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ICARE; pemahaman matematis
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Robbi Arini Fajriani Chairin
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:48
Last Modified: 30 Dec 2021 04:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45501

Actions (login required)

View Item View Item