Penyelesaian masalah transportasi menggunakan metode South-East Corner, North-East Corner dan South-West Corner untuk menentukan solusi layak awal

Wulan, Eneng Imas (2021) Penyelesaian masalah transportasi menggunakan metode South-East Corner, North-East Corner dan South-West Corner untuk menentukan solusi layak awal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, muncul metode-metode baru yang lebih sederhana untuk memecahkan masalah transportasi, dan masalah transportasi juga dapat di selesaikan menggunakan software untuk mempermudah proses perhitungan sehingga dapat lebih cepat, contohnya software python programming yang dapat di gunakan untuk menentukan solusi layak awal secara efektif dan efisien, Maka dari itu penulis tertarik untuk mengkaji cara penyelesaian masalah transportasi dengan menggunakan metode transportasi baru yaitu metode South-East Corner (SEC), metode North-East Corner (NEC), dan metode South-West Corner (SWC). Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian pada Skripsi ini adalah untuk memahami penerapan metode tersebut dan untuk mengetahui perbandingan solusi layak awal antara ketiga metode tersebut pada masalah transportasi kasus minimasi dengan data seimbang dan tidak seimbang.Penyelesaian ketiga metode tersebut memiliki algoritma yang mirip hanya pengalokasian awalnya saja yang berbeda, jika metode South-East Corner pengalokasian di mulai pada sel sudut tenggara tabel, metode North-East Corner pengalokasian di mulai pada sel sudut timur laut tabel, dan pada matode South-West Corner pengalokasian di mulai pada sel sudut barat daya, alokasikan sebanyak mungkin ke sel yang di pilih, Kemudian coret baris atau kolom yang sudah terpenuhi, jika masih ada baris atau kolom yang belum terpenuhi maka alokasikan lagi ke sel terdekat berikutnya yang belum terpenuhi, jika semua baris dan kolom sudah terpenuhi maka hitung solusi tersebut sebagai solusi layak awal dan hitung total biaya masalah transportasi menggunakan persamaan minimasi. Dari hasil analisis data pada penelitian skripsi ini di peroleh solusi layak awal kasus 1 dengan metode SEC $65.016, metode NEC $135.047, dan metode SWC $135.047. Kasus 2 metode SEC $878, metode NEC $409, dan metode SWC $409. Kasus 3 metode SEC $1.570, metode NEC $1.820, dan metode SWC $1.820. kasus 4 metode SEC $1.505, metode NEC $2.687, dan metode SWC $2.687.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masalah transportasi; solusi layak awal; metode South-East Corner; metode North-East Corner; metode South-West Corner.
Subjects: Ceramic and Allied Technologies > Enamels
Ceramic and Allied Technologies > Earthware and Stoneware
Ceramic and Allied Technologies > Refractories and Structural Clay Products
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Eneng Imas Wulan
Date Deposited: 28 Oct 2021 05:19
Last Modified: 28 Oct 2021 05:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45496

Actions (login required)

View Item View Item