Hubungan pengelolaan Education Management Information System dengan pengambilan keputusan Kepala Madrasah : Penelitian pada Kepala Madrasah Aliyah se-Kabupaten Bandung Barat

Sofy, Ressa Melinda (2021) Hubungan pengelolaan Education Management Information System dengan pengambilan keputusan Kepala Madrasah : Penelitian pada Kepala Madrasah Aliyah se-Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy

Abstract

Education Management Information System (EMIS) merupakan sumber utama informasi pendidikan yang akurat, akan tetapi masih terdapat kepala madrasah yang terburu-buru menentukan keputusan tanpa fokus pada kemajuan saat ini. Hal ini terlihat dari informasi dan data yang dimanfaatkan oleh pimpinan madrasah yang kurang memadai, ditambah ada beberapa operator yang bukan dari latar belakang IT serta tidak adanya bimbingan khusus dari pihak operator kemenag yang akibatnya lembaga pendidikan tersebut mengalami hambatan bahkan berujung kegagalan. Maka dari itu, bagaimana pengelolaan EMIS yang dilakukan sehingga dapat menghasilkan data yang valid dan menciptakan keputusan yang baik? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengelolaan Education Management Information System (EMIS) di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Bandung Barat. 2) Cara pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Bandung Barat. 3) hubungan pengelolaan Education Management Information System (EMIS) dengan pengambilan keputusan Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Bandung Barat. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menyebar angket atau kuesioner. Sedangkan teknik analisis d ata yang digunakan dalam penelitian ini ada uji instrumen berupa validitas dan reliabilitas, uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan linieritas, serta uji korelasi atau hubungan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pengelolaan EMIS dengan pengambilan keputusan kepala madrasah memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,025<0,05. Kemudian berdasaran hasil penghitungan analisis koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,465. Terdapat pada tingkat kekuatan yang sedang, karena terdapat pada kategori 0,40–0,599. Adapun jenis hubungan variabel pengelolaan EMIS dengan pengambilan keputusan kepala madrasah mengarah kepada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,465 dengan tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi pengelolaan EMIS maka semakin tinggi pula pengambilan keputusan kepala madrasah. Selanjutnya diperoleh koefisiensi determinasi (Rsquare) sebesar 0,216 bermakna bahwa kontribusi variabel bahwa pengelolaan EMIS dengan pengambilan keputusan kepala madrasah adalah 21,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; EMIS; Pengambilan Keputusan Kepala Madrasah
Subjects: Administration of Economy > Administration of Communications
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ressa Melinda Sofy
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:46
Last Modified: 27 Oct 2021 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45478

Actions (login required)

View Item View Item