Pemberdayaan kelompok tani di lahan hutan Gunung Geulis : Studi deskriptif di Sekretariat Forum Komunikasi Gunung Geulis

Fatimah, Noer Arsi (2021) Pemberdayaan kelompok tani di lahan hutan Gunung Geulis : Studi deskriptif di Sekretariat Forum Komunikasi Gunung Geulis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy

Abstract

Lahan hutan mempunyai kedudukan fungsi, dan peranan bagi keberlangsungan hidup serta pembangunan suatu negara, hal ini dikarenakan hutan mempunyai banyak manfaat yang besar bagi masyarakat. Oleh karena itu pemberdayaan lahan hutan yang dilakukan oleh forum komunikasi atau kelompok tani di daerah gunung geulis sangat penting untuk menjadikan lahan tersebut lahan yang produktif dan subur dengan pengeloaan dan pemanfaatan yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai upaya, proses dan hasil pemberdayaan kelompok tani yang dilakukan oleh forum komunikasi di lahan hutan Gunung Geulis Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan menurut Edi Suharto, menurutnya pemberdayaan merupakan sebuah proses dan hasil serta teori ekologi keberlangsungan organisasi karena pemberdayaan ini dikaitkan dengan suatu kelompok atau organisasi yang bergerak di bidang lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisa suatu keadaan atau kondisi pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menunjukkan hasil dari upaya yang dilakukan forum komunikasi dalam memberdayakan kelompok tani dan lahan gunung geulis melalui upaya mencontohkan terlebih dahulu dan melakukan aksi atau terjun langsung untuk menarik keikutsertaan petani dalam memberdayakan lahan hutan gunung geulis, dengan proses penyadaran, pelatihan, pembinaan, dan pendampingan. Serta hasil dari adanya pemberdayaan kelompok tani yang dilakukan oleh forum komunikasi ini berdampak bagi potensi lingkungan gunung geulis menjadi produktif dan subur maupun potensi ekonomi para petani tercukupi bagi kehidupan keluarga mereka. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan kelompok tani di lahan hutan gunung geulis yang dilakukan oleh forum komunikasi gunung geulis ini berjalan cukup baik dan memberikan hasil positif bagi lingkungan dan petani disana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan;Kelompok Tani;Forum Komunikasi Gunung Geulis
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Noer Arsi Fatimah
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:46
Last Modified: 28 Oct 2021 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45471

Actions (login required)

View Item View Item