Gaya kepemimpinan kepala KUA dalam meningkatkan kinerja pegawai: studi deskriptif pada KUA Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

Akasah, Rimawati (2021) Gaya kepemimpinan kepala KUA dalam meningkatkan kinerja pegawai: studi deskriptif pada KUA Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy

Abstract

Cara seorang pemimpin dalam memimpin bawahannya merupakan gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah instansi, karena pada dasarnya pemimpin harus mampu mengatur dan membina segala aspek yang berhubungan dengan instansi yang ia pegang. Gaya kepemimpinan seorang pemimpin juga memengaruhi kinerja pegawai. Maka dari itu keberhasilan sebuah instansi bergantung pada gaya kepemimpinan yang dipakai oleh pemimpin itu sendiri. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, dengan metode penelitiannya yaitu metode deskriptif. Metode pengumpulan datanya berupa observasi secara mendalam, wawancara, dan studi dokumentasi. Teori yang diunakan dalam penelitian ini menggunakan teori gaya kepemimpinan dalam buku Kartono (2008:10) indikator gaya kepemimpinan, yaitu kemampuan mengambil keputusan, kemampuan memotivasi, kemampuan komunikasi, kemampuan mengendalikan bawahan, tanggung jawab, dan kemampuan mengendalikan emosional. Hasil penelitian dengan judul Gaya Kepemimpinan Kepala KUA dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai menunjukkan bahwa pertama dalam pengambilan keputusan, kepala KUA Cimanggung selalu melakukan musyawarah dengan para pegawainya. Kedua, dalam mengendalikan kinerja pegawai Kepala KUA Kecamatan Cimanggung Sumedang menggunakan metode pendekatan, menelaah sifat batin dan tempramen, mencari tau persoalan yang dihadapi baik pribadi ataupun persoalan kerja, komunikasi dua arah, dan menjadikan pegawai sebagai tenaga yang produktif sesui dengan skill yang dimiliki. Dan ketiga, kepala KUA Cimanggung mampu memotivasi para pegawainya dengan cara memulai dari dirinya sendiri agar menjadi contoh yang baik bagi para pegawainya sehingga energi positif selalu ada di lingkungan kerja. Sikap ramah kepala KUA Cimanggung mampu membuat para pegawainya nyaman bekerja. Dapat disimpulkan bahwa pertama, cara pengambilan keputusan yang dilakukan kepala KUA ialah bermusyawarah terlebih dahulu melibatkan pegawainya, setelah pegawainya setuju, baru dilakukan hasil keputusannya. Kedua, dalam mengendalikan kinerja pegawai, kepala KUA Cimanggung yaitu dengan menggunakan metode pendekatan, mencari tau persoalan yang sedang dihadapi baik itu pribadi atau persoalan kerja, komunikasi dua arah, dan menjadikan pegawai sebagai tenaga yang produktif sesuai dengan skill dan kemampuan. Dan ketiga, kepala KUA Cimanggung dalam memotivasi pegawainya dengan cara menjadikan dirinya sebagai contoh bagi pegawainya. Dan selalu memberikan rewards kepada pegawai yang mempunyai prestasi dalam pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kantor Urusan Agama; Kinerja pegawai;
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Social Process > Leadership
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rimawati Akasah
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:51
Last Modified: 27 Oct 2021 02:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45466

Actions (login required)

View Item View Item