Pengembangan media Leaflet untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi sistem Ekskresi

Ardiansyah, Wilman Taupik (2021) Pengembangan media Leaflet untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi sistem Ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran, menganalisis peningkatan penguasaan konsep siswa, dan menganalisis kendala penggunaan media pembelajaran leaflet pada materi sistem ekskkresi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 3D (Define, Design, dan Development). Penelitian dilaksanakan di MAN 4 Garut pada peserta didik kelas XI MIA 2 yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan presentase lembar validasi, uji nilai gain ternormalisasi (N-gain), serta analisis deskriptif angket kendala penggunaan media pembelajaran pada peserta didik. Hasil penelitian menujukkan, 1. Karakteristik media leaflet yang ditambahkan video dan gambar membuat siswa mudah memahami konsep dengan mudah. 2. Penggunaan media pembelajaran leaflet mampu meningkatkan aspek kognitif peserta didik dengan nilai n-gain tertinggi terletak pada indikator C2 (Menjelaskan) yaitu nilai 0,71 dengan kategori tinggi dan terendah ada pada C3 (Menentukan) dan C6 (Mendiagnosis) dengan nilai 0,58 kategori sedang, 3. kendala dalam penggunaan media pembelajaran ini adalah media perlu menggunakan dua perangkat untuk bisa digunakan sebagaimana mestinya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa lebih mudah memahami konsep dengan menggunakan media leaflet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: leaflet; penguasaan; konsep; sistem ekskresi
Subjects: Christianity > Education, Research
Specific Physiological Systems in Animals > Endocrine and Excretory System of Animals
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Wilman Taupik Ardiansyah
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:13
Last Modified: 15 Nov 2021 01:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45460

Actions (login required)

View Item View Item