Pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh pemuda melalui program Hidroponik : Study deskriptif di Bumi Hydro Farm Jl. Raya Cipacing No.20, Sayang, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

Awaliah, Neng Luffi Nur (2021) Pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh pemuda melalui program Hidroponik : Study deskriptif di Bumi Hydro Farm Jl. Raya Cipacing No.20, Sayang, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya Undang-Undang Hak Cipta Kerja (Omnibus Law) dan Virus Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat, dampak yang dialami masyarakat banyaknya masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan diakibatkan terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja yang dilakukan perusahaan. Sehingga masyarakat tidak memiliki mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan pemuda untuk merubah ideologi masyarakat upaya mengembngkan potensi ekonomi masyarakat dan memenuhi kebutuhannya dengan melakukan program hidroponik yang di bentuk komunitas Bumi Hydro Farm Tujuan penelitian untuk mengetahui program hidroponik yang di bentuk oleh komunitas pemuda yang bernama Bumi Hydro Farm dan sistem pelaksanaan dalam memberdayakan ekonomi masyarakat dalam pemanfaatan lahan. Dalam penelitian ini berdasarkan teori pemberdayaan menurut Edi Suharto menjelaskan bahwa pemberdayaan suatu proses dengan mana seorang individu merasa cukup kuat untuk berpartisipasi dan membuahkan sebuah hasil yang dapat merubah prubahan masyarakat menjadi baik. Serta teori partisipasi menurut Bappenas menjelaskan keterlibatan orang secara sukarela tanpa tekanan dan jauh dari perintah dan memberikan kesempatan serta wewenang yang lebih luas kepada masyarakat secara bersama-sama untuk memecahkan berbagai persoalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui penafsiran logika yang dapat dibuhungkan dengan konteks pemberdayaan masyarakat islam. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh pemuda melalui program hidroponik dengan melalui proses yaitu memberi pelatihan kepada masyarakat pemberdayaan yang dilakukan pemuda meningkatkan wawasan masyarakat, serta keterampilan masyarakat dalam bertanam hidroponik, menciptakan perubahan dalam kehidupan masyarakat sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pokok, rasa partisipasi yang dimiliki masyarakat dalam kegiatan hidroponik dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh pemuda melalui program hidroponik ini sangat relatif dalam ekonomi kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Hidroponik; dan Pemuda
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Neng Luffi Nur Awaliah
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:05
Last Modified: 26 Oct 2021 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45456

Actions (login required)

View Item View Item