Hubungan manajemen pembelajaran berbasis E-Learning dengan efektivitas pembelajaran : Penelitian pada peserta didik Madrasah Aliyah Negeri se-kota Bogor

Lestari, Indah (2021) Hubungan manajemen pembelajaran berbasis E-Learning dengan efektivitas pembelajaran : Penelitian pada peserta didik Madrasah Aliyah Negeri se-kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan manajemen pembelajaran berbasis e-learning yang kurang memberikan solusi terhadap problematika dunia pendidikan yaitu menurunnya tingkat efektivitas pembelajaran di masa pandemi. Permasalahan tersebut tercermin di MAN Se-Kota Bogor yang melaksanakan pembelajaran berbasis e-learning dan mengalami penurunan berbagai tingkat efektivitas pembelajaran seperti kurangnya dampak interaksi, tenaga pendidik yang tidak memberdayakan sistem e-learning secara optimal. Sehingga hal tersebut menjadi penting untuk diteliti. Teori dalam Pendidikan Islam, Manajemen (At-Tadrib) berbasis e-learning sebagai suatu bentuk implementasi yang proses pembelajaran dengan mendayagunakan teknologi canggih sebagaimana hal tersebut telah tercermin dalam Qs. An-Naml ayat 28-30. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran berbasis E-Learning di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Bogor; 2) Untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Bogor; 3) Untuk menguji hipotesis hubungan manajemen pembelajaran berbasis E-Learning dengan efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Bogor. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. dengan teknik pengambilan sampel penelitian secara random kepada peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Bogor melalui penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 10% sehingga dari 2.180 peserta didik MAN Se-Kota Bogor diperoleh jumlah sampel penelitian yaitu sebesar 100 orang peserta didik madrasah. Ada pun instrumen penelitian yang digunakan sebagai data primer adalah kuesioner via google form dengan skala likert dengan penyebaran melalui media WhatsApp dan Instagram. Hasil penelitian menunjukan hubungan manajemen pembelajaran berbasis e-learning dengan efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Bogor yaitu memperoleh taraf signifikansi sebesar 0,604 sehingga termasuk dalam nilai koefisien korelasi 0,60-0,799 yang artinya hubungan kedua variabel termasuk ke dalam kategori signifikan yang kuat. Dengan arah hubungan yang positif dengan perolehan nilai koefisien kontribusi sebesar 44% dan 54% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Oleh karena itu dapat disimpulkan jika manajemen pembelajaran berbasis e-learning semakin ditingkatkan maka efektivitas pembelajaran pun akan meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; E-Learning; Efektivitas Pembelajaran
Subjects: Education
Education > Organization of Education
Adult Education > Distance Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:41
Last Modified: 26 Oct 2021 03:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45429

Actions (login required)

View Item View Item