Meningkatkan kemampuan representasi multipel matematika serta kepercayaan diri mahasiswa melalui pembelajaran kontekstual

Susilawati, Wati (2013) Meningkatkan kemampuan representasi multipel matematika serta kepercayaan diri mahasiswa melalui pembelajaran kontekstual. Project Report. UIN SGD Bandung.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN CTL MENINGKATKAN REPRESENTASI MATEMATIS IBU WATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Secara alami matematika tidak lepas dari kehidupan sehari-hari, karena pembelajaran matematika semestinya disesuaikan dengan realita masalah sehari hari yang dikonstruk sesuai dengan pengkonstruksian konsep/prinsip mahasiswa itu sendiri, sehingga Representasi multipel menjadi wahana belajar bermatematika dari jenjang pendidikan dasar sampai jenjang pendidikan tinggi, yang berperan dalam proses mengembangkan mental berpikir matematis tingkat tinggi. Penelitian ini mengarah pada peningkatan kemampuan representasi multipel matematis serta kepercayaan diri mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dengan eksperimen desain post tes. perlakuan kelas eksperimen pembelajaran kontekstual, sedangkan kelas kontrol pembelajaran konvensional,yang jadi perhatian pada penelitian ini variabel lain yaitu kepercayaan diri Self-Efficacy mahasiswa, klasifikasi kemampuan akademik mahasiswa rendah, sedang, tinggi, dan status sosial kurang, cukup, lebih, serta gender laki-laki,perempuan dan etnik sunda, jawa, betawi, batak, padang. Temuan menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan kemampuan representasi multipel matematis dan Self-Efficacy mahasiswa, dibandingkan pembelajaran konvensional. Mahasiswa dengan status sosial ekonomi kurang cenderung berprestasi lebih baik dari status ekonomi lebih. Mahasiswa perempuan dalam eksperimen memiliki kemampuan representasi multipel matematiks lebih baik dari pada mahasiswa laki-laki.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: represntasi multipel matematika; kepercayaan diri mahasiswa; pembelajaran kontekstual
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Wati Susilawati
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:23
Last Modified: 06 Dec 2021 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45415

Actions (login required)

View Item View Item