Analisis perbandingan penalaran kreatif soal ujian nasional matematika tahun 2016 tingkat sekolah lanjutan atas

Haqi, Rozadira and Susilawati, Wati and Juariah, Juariah (2017) Analisis perbandingan penalaran kreatif soal ujian nasional matematika tahun 2016 tingkat sekolah lanjutan atas. Jurnal Analisa Snta 3 ( Analisis Perbandingan Penalaran Kreatif Soal Ujian Nasional Matematika Tahun 2016 Tingkat Sekolah Lanjutan Atas), 3 (2). pp. 148-156. ISSN p-ISSN : 2549-5135 e-ISSN : 2549-5143

[img]
Preview
Text
Analisis Perbandingan Penalaran Kreatif Soal Ujian Nasional.pdf

Download (454kB) | Preview
Official URL: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/inde...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kandungan penalaran kreatif berdasarkan kerangka kerja penalaran Johan Lithner dalam soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA jurusan MIPA Tahun Ajaran 2015/2016, implementasinya terhadap siswa kelas 11 MIPA MAN 2 Bandung dan SMAN 26 Bandung, serta kendala dan hambatan guru dan siswa dalam menghadapi soal penalaran kreatif. Data yang diperoleh berasal dari instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (a) Soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA jurusan MIPA Tahun Ajaran 2015/2016 mengandung sebagian kecil soal penalaran kreatif; (b) Kemampuan penalaran kreatif siswa kelas 11 MIPA MAN 2 Bandung dan SMAN 26 Bandung masih kurang; (c) Kendala utama guru dalam memberikan pembelajaran dengan menggunakan soal penalaran kreatif adalah kurangnya waktu untuk memenuhi materi yang harus dikuasai siswa; (d) Kendala utama siswa dalam mengerjakan soal penalaran kreatif adalah kurangnya kepercayaan diri mereka dalam mengerjakan soal

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penalaran Kreatif; Ujian Nasional
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Wati Susilawati
Date Deposited: 03 Dec 2021 06:21
Last Modified: 03 Dec 2021 06:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45408

Actions (login required)

View Item View Item