Peningkatan kemampuan berpikir statistis mahasiswa melalui Challenge-Based Learning dengan strategi konflik kognitif

Susilawati, Wati and Abdullah, Ridha and Rosyidah, Ida (2019) Peningkatan kemampuan berpikir statistis mahasiswa melalui Challenge-Based Learning dengan strategi konflik kognitif. Jurnal Analisa, Sinta 3. (Peningkatan kemampuan berpikir statistis mahasiswa melalui challenge-based learning dengan strategi konflik kognitif), 5 (1). pp. 31-40. ISSN p-ISSN : 2549-5135 e-ISSN : 2549-5143

[img]
Preview
Text
6. Peningkatan kemampuan berpikir statistis mahasiswa melalui challenge-based learning dengan strategi konflik kognitif.pdf

Download (504kB) | Preview
Official URL: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/inde...

Abstract

Tujuan penelitian mengkaji secara komprehensif perbedaan peningkatan kemampuan berpikir statistis mahasiswa calon guru melalui pembelajaran Challenge-Based Learning dengan Strategi Konflik Kognitif. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group, melibatkan sampel dua kelas mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam di Sumedang. Instrumen yang digunakan tes berpikir statistis. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir statistis antara mahasiswa yang pembelajaran challenge-based learning dengan strategi konflik kognitif memperoleh peningkatan lebih tinggi dari mahasiswa yang pembelajarannya ekspositori, baik secara keseluruhan mahasiswa maupun berdasarkan pengetahuan awal statistis.Terdapat interaksi antara jenis (pembelajaran challenge-based learning dengan strategi konflik kognitif dan ekspositori) dan kategori pengetahuan awal statistis (pandai, cukup, lemah) terhadap peningkatan kemampuan berpikir statistis mahasiswa. Pembelajaran berbasis tantangan dengan strategi konflik kognitif dapat memfasilitasi proses konflik, proses penemuan, proses interaksi sosial, dan proses reflektif mahasiswa sehingga kemampuan berpikir statistis mahasiswa lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir Statistis; Challenge-Based Learning; Konflik Kognitif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Wati Susilawati
Date Deposited: 03 Dec 2021 06:31
Last Modified: 03 Dec 2021 06:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45406

Actions (login required)

View Item View Item