Pengaruh pelaksanaan pendidikan karakter terhadap perilaku keagamaan siswa : Penelitian di MTs Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Garut

Amalia, Hafsa Shabrina (2021) Pengaruh pelaksanaan pendidikan karakter terhadap perilaku keagamaan siswa : Penelitian di MTs Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di MTs Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Garut sudah diselenggarakan secara optimal. Akan tetapi hal tersebut belum dirasa memberikan dampak baik terhadap perilaku keagamaan siswa, hal ini dapat dilihat dari seringnya siswa melakukan perilaku yang kurang terpuji, seperti berbicara tidak sopan baik kepada guru maupun kepada teman sebayanya, berkelahi dengan teman, kurang tertib saat berdo’a sebelum dan sesudah belajar, dll. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter di MTs Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Garut (2) Perilaku keagamaan siswa di MTs Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Garut (3) Pengaruh pelaksanaan pendidikan karakter terhadap perilaku keagamaan siswa di MTs Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Garut. Perilaku keagamaan siswa dipengaruhi oleh pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah. Oleh karena itu penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran, jika pelaksanaan pendidikan karakter nya baik maka perilaku keagamaan siswa pun akan semakin baik. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, 2) Sumber penelitian adalah siswa MTs Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Garut yang diambil sampel sebanyak 33 orang, 3) Tempat dan waktu penelitian di MTs Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Garut pada bulan November 2019 s/d Februari 2021, 4) Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, observasi, studi dokumentasi, dan wawancara, dan 5) Teknik analisis data penelitian dengan analisis korelasional. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Pelaksanaan pendidikan karakter di MTs Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Garut adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai skor rata-rata dari variabel ini adalah sebesar 126 dengan kriteria penilaian Baik yang berada pada rentang skor 112.2-137.6 (2) Perilaku keagamaan siswa di MTs Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Garut (variabel Y) adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai skor rata-rata dari variabel ini adalah sebesar 127 dengan kriteria penilaian Baik yang berada pada rentang skor 112.2-137.6. Angka koefisien korelasi sebesar 0.8105 yang tergolong kategori sangat kuat, karena 0.8105 berada pada skala 0.80-1.00 = korelasi sangat kuat. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh t_(hitung>) t_(tabel ) (7.7041 > 2.0395), maka hal ini menegaskan bahwa H0 ditolak dan menerima H1, artinya bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan pendidikan karakter terhadap perilaku keagamaan siswa di MTs Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Garut dengan pengaruh sebesar 65.69 %. Sedangkan sisanya sebesar 34.31 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis dan diduga akan berpengaruh terhadap perilaku keagamaan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Perilaku Keagamaan
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:56
Last Modified: 27 Oct 2021 03:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45381

Actions (login required)

View Item View Item