Korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa pada materi virus : Penelitian kuantitatif pada siswa kelas X SMAN 1 Tambelang-Bekasi

Fatimah, Siti (2020) Korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa pada materi virus : Penelitian kuantitatif pada siswa kelas X SMAN 1 Tambelang-Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas belajar siswa pada materi virus, menganalisis hasil belajar pada materi virus dan menganalisis hubungan antara kreativitas dengan hasil belajar materi virus siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tambelang Bekasi dengan subjek penelitian kepada kelas X MIA 1 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi virus diketahui bahwa siswa kelas X MIA 1 memiliki hasil nilai dari setiap indikator yaitu tinggi dengan nilai tertinggi pada indikator ke dua yaitu kemampuan berpikir luwes dengan nilai 5,93 kategori sangat tinggi. Sedangkan pada nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif dengan kategori tinggi nilai 4.45.Sedangkan pada nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif dengan kategori tinggi nilai 4.45. Hasil belajar siswa pada materi virus didapatkan skor tertinggi 85, skor terendah 50 dan rata-rata sebesar 71,53. Hasil nilai yang diatas KKM presentase 63% dengan kategori sedang atau berkompeten sedangkan siswa yang nilainya kurang dari KKM presentase 36% kategori sangat rendah atau tidak berkompeten. Hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa bahwa nilai Uji Korelasi Pearson Produt Moment (r) hitung sebesar 0,465 dan (r) dengan nilai p (sig) sebesar 0,000. Karena nilai p<0,05 maka dikatakan ada korelasi positif dan signifikan antara kemampuan berfikir kreatif dengan hasil belajar siswa di SMAN 1 Tambelang Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif; Hasil belajar; dan Korelasi
Subjects: Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 25 Oct 2021 22:34
Last Modified: 25 Oct 2021 22:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45380

Actions (login required)

View Item View Item