Pengaruh persepsi mahasiswa tentang bank syariah terhadap minat menabung di perbankan syariah: Studi pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Nurlatipah, Ulpa (2021) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang bank syariah terhadap minat menabung di perbankan syariah: Studi pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Bank syariah yaitu lembaga keuangan yang kegiatanya menghimpun dana dari masayarakat dan disalurkan lagi ke dalam bentuk pembiayaan kepada nasabahnya menggunakan sistem bagi hasil yang berlandaskan al-Quran dan sunnah. Salah satu permasalahan yang dialami lembaga keuangan syariah adalah bagaimana menarik dan mempertahankan pelanggan dan bagaimana masyarakat dapat memutuskan untuk lebih berminat menabung di perbankan syariah dibandingkan dengan bank konvensional untuk tetap mempertahankan eksistensi perusahaanya. Maka dari itu, dalam penelitian ini dilakukan penelitian terhadap variabel yang dianggap memiliki pengaruh yang dominan terhadap minat menabung di perbankan syariah, yaitu persepsi tentang bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui seberapa pengaruh persepsi tentang bank syariah secara positif serta signifikan terhadap minat menabung di Perbankan Syariah pada Mahasiswa UniversitaIslam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Metode yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari hasil survey penyebaran kuesoner di lapangan kepada 200 responden yakni mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Analisis data yang digunakan yaitu uji regresi logistik biner dengan tahapan-tahapannya diantaranya melalui pengujian kelayakan model, uji keseluruhan model, uji ketepatan klasifikasi, dan uji hipotesis secara parsial. Adapun software yang digunakan untuk penelitian ini yaitu aplikasi software SPSS Statistic Version 21. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa persepsi tentang bank syariah berpengaruh secara positif dan juga signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di perbankan syariah, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis secara parsial dengan Uji Wald diketahui bahwa hasil nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05, artinya variabel persepsi mahasiswa tentang bank syariah berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah. Selain itu nilai β adalah positif dan nilai Nagelkerke R Square didapatkan sebesar 52%. Maka, artinya variabel persepsi tentang bank syariah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah sebesar 52% kemampuannya memprediksi dan menjelaskan variabel minat menabung, sedangkan 48% lainnya adalah berdasarkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Tentang Bank Syariah; Minat Menabung
Subjects: Econmics > Economic Forecasting
Econmics > Economic Situation and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ulpa Nurlatipah
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:01
Last Modified: 25 Oct 2021 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45369

Actions (login required)

View Item View Item