Pemberdayaan remaja melalui organisasi remaja masjid Al-Mujahidin Desa Ciater :Studi deskriptif organisasi IRMAS Masjid Al-Mujahidin Desa Ciater Kecamatan Ciater Kabupaten Subang

Ayu, Neng Chery Sukma (2021) Pemberdayaan remaja melalui organisasi remaja masjid Al-Mujahidin Desa Ciater :Studi deskriptif organisasi IRMAS Masjid Al-Mujahidin Desa Ciater Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Pada Era-Digital dimana kemajuan teknologi berkembang sangat cepat dan pesat hal ini dirasakan ketika segala informasi terkini mudah diakses melalui teknologi digital (sistem komputerisasi yang terhubung internet). Namun dibalik kemudahan ini juga terdapat dampak negatif dari kemajuan teknologi yaitu terjadinya masalah sosial yang salah satunya berupa kenakalan remaja yang terjadi dilingkungan masyarakat. Maka adanya pemberdayaan remaja menjadi hal penting untuk dilakukan guna menggali potensi yang dimiliki oleh anak remaja dan dapat meminimalisir kenakalan remaja. Dalam mempermudah menjangkau para remaja maka pemerintah membentuk suatu wadah atau organisasi salah satunya ikatan remaja masjid (IRMAS) yang dapat membina anak remaja melalui program yang dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis program pemberdayaan remaja, proses pelaksanaanya hingga hasil dari pemberdayaan remaja yang dilaksanakan oleh ikatan remaja masjid al-mujahidin Desa Ciater. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan. Menurut Edi Soeharto pemberdayan adalah sebuah proses dan tujuan. Sebagai proses, pemberdayaan adalah serangkaian kegiatan untuk memperkuat kekuasaan atau keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat. Sebagai tujuan, maka pemberdayaan merujuk pada hasil yang ingin dicapai dalam perubahan social, yaitu masyarakat yang berdaya, memiliki kekuasaan atau mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik yang bersifat fisik, ekonomi, maupun sosial seperti memiliki kepercayaan diri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis ini dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan remaja yang dilaksanakan oleh IRMAS al-mujahidin Desa Ciater, ialah melalui program pesantren santri Ramadhan (PSR), lentera anak Desa, dan workshop creatif. Proses pelaksanaan program melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan hingga tahap monitoring dan evaluasi. Hasil pemberdayaanya dapat meningkatan wawasan dan menyalurkan potensi diri yang ada pada anggota remaja yang terlibat, timbulnya partisipasi anggota terhadap program pemberdayaan serta keterlibatan remaja dalam stuktur organisasi dipemerintahan Desa Ciater.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Remaja; Masalah Sosial
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Neng Chery Sukma Ayu
Date Deposited: 25 Oct 2021 22:12
Last Modified: 25 Oct 2021 22:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45364

Actions (login required)

View Item View Item