Peran Pondok Pesantren terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas V di MI Plus Al-Khudamat Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh Sumedang

Linda, Tazkiyatul Munawaroh (2021) Peran Pondok Pesantren terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas V di MI Plus Al-Khudamat Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Pembelajaran di Pondok Pesantren menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peranan pembelajaran di pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Plus Al-Khudamat. Kegiatan pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Khudamat. Hipotesis penelitian ini yaitu adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran di pondok pesantren dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 42 siswa kelas V MI Plus Al-Khudamat. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket dan wawancara untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan dokumentasi untuk mengetahui kegiatan pembelajaran di pondok pesantren. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dimulai dari uji normalitas, lalu uji korelasi dan diakhiri dengan perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan antara pembelajaran di pesantren dengan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MI Plus Al-Khudamat termasuk ke dalam kategori hubungan yang baik atau kuat. Hal ini dapat ditunjukan dari haril perhitungan uji korelasi yang menggunakan rumus Product Moment bahwa nilai r hitung sebesar 0,704. Dengan begitu nilai r" hitung (0,704) > "r" tabel (0,304). Maka artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara pembelajaran di pondok pesantren dengan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat menunjukan bahwa 56,76% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh pembelajaran di pondok pesantren. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pondok pesantren memiliki peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits yaitu dengan program bimbingan individual yang dibuat oleh pondok pesantren. Hasil penelitian ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai referensi bagi pihak madrasah dan pondok pesantren untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang diselenggarakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pondok Pesantren; Motivasi Belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Linda Tazkiyatul Munawaroh
Date Deposited: 26 Oct 2021 00:06
Last Modified: 26 Oct 2021 00:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45358

Actions (login required)

View Item View Item