Pengarus Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors periode 2010-2019

Nurahman, Zakaria (2021) Pengarus Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berasal dari pemikiran bahwasanya Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE) di PT. United Tractors. Periode 2010-2019. Hal tersebut dapat di perkuat dengan melihat dari data Rasio keuangan PT. United Tractors Tbk. Periode 2010-2019 yang terjadi fluktuaif di antara Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) yang di ikuti perubahan nilai Return On Equity (ROE). Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) ber pengaruh terhadap Return On Equity (ROE) di PT. United Tractors Tbk. Periode 2010-2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE), dan untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan Return On Equity (ROE) di PT. United Tractors Tbk. Periode 2010-2019. Kerangka berfikir dalam penelitian adalah merujuk pada beberapa hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa naik turunnya Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh terhadap Return On Equity (ROE). Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi, korelasi, dan koefisien determenasi, uji statistik, dan uji F-statistik. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder dari laporan tahunan 2010-2019. Tehnik pengumpulan data yaitu kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Net Profit Margin secara parsial terhadap Return On Equity dengan nilai thitung < ttabel yaitu 1,344 < 2,306, dan nilai signifikansi sebesar 0,216 serta besar koefisien determinasi 18,4%,maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya Net Profit Margin tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (2) Debt to Equity Ratio secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai thitung < ttabel yaitu 2,306< 2,306, dan nilai signifikan sebesar 0,071, serta besar koefesien determinasi 35,1%. maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (3) Kemudian secara simultan Ho diterima dan Ha ditolak, artinya Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Equity pada PT. United Tractors Tbk Periode 2010-2019 dengan nilai thitung < ttabel yaitu 1,898< 4,7, dan nilai signifikan sebesar 0,219 serta besar koefesien determinasi 35,2%. Dan sisanya 64,8% di pengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin; Debt to Equity Ratio; Return On Equity;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Zakaria Nurahman
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:01
Last Modified: 25 Oct 2021 06:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45353

Actions (login required)

View Item View Item