Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis bioentrepreneurship pada materi bakteri

Latif, Tb Farhan Dwi (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis bioentrepreneurship pada materi bakteri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy

Abstract

Bioentrepreneurship merupakan kombinasi antara pembelajaran biologi dengan kewirausahaan, yang dirancang untuk mengarahkan peserta didik dalam membuat sebuah produk dengan menggunakan ilmu biologi. Salah satu materi biologi yang dapat dikembangan dalam kewirausahaan ialah materi bakteri, dikarenakan pada materi bakteri terdapat sub materi yang menjelaskan peran menguntungkan bakteri pada manusia, yaitu pembuatan produk fermentasi dengan memanfaatkan bantuan bakteri dalam pembuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis bioentrepreneurship pada materi bakteri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan 3D (define, design dan develop). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Bandung. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang validator ahli dan 24 orang peserta didik kelas X IPA 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validasi mendapatkan persentase dari ahli media 76% (kategori layak), ahli materi 66% (kategori layak), ahli guru mata pelajaran biologi 92% (kategori Sangat layak) dan respon peserta didik mendapatkan persentase 85,44% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji validasi dan respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis bioentrepreneurship pada materi bakteri dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran materi bakteri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bakteri; Bioentrepreneurship; LKPD; R&D;
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Tb Farhan Dwi Latif
Date Deposited: 25 Oct 2021 22:27
Last Modified: 25 Oct 2021 22:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45321

Actions (login required)

View Item View Item