Analisis pemberitaan di media online: Analisis wacana terhadap pemberitaan Esport di Revivaltv.Id edisi Desember 2020 pedekatan model Van Dijk

Sugianto, Indra (2021) Analisis pemberitaan di media online: Analisis wacana terhadap pemberitaan Esport di Revivaltv.Id edisi Desember 2020 pedekatan model Van Dijk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Pada era modern ini teknologi semakin berkembang orang-orang menggunakan internet sebagai sarana mencari informasi-informasi ter-update. Kemudian muncul istilah e-learning, e-business, e-banking, media sosial, dan olahraga elektronik atau biasa disebut Electronic Sports (E-Sport). Permainan digital menjadi sarana permainan yang sekarang sangat diminati oleh masyarakat, karena beberapa perkembangan teknologi yang semakin maju membuat akses yang sangat mudah dan mendukung para gamers eSport di Indonesia, sehingga menjadi lahan berita untuk media massa. Media massa mempunyai peran penting dalam membangun berita tentang news Esport, Media Online RevivalTV adalah salahsatunya media yang berfokus pada pemberitaan Esport mau itu informasi dalam negri ataupun luar negri. Penelitian ini lebih menkankan pada berita News Esport karena berita news Esport ini menjadi salah satu peran dalam membangun perkembangan Esport di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi yang ditampilkan dari tiga struktur kerja model Teun A Van Djik yaitu struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro dalam berita news Esport di Media Online RevivalTV edisi Desember 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis isi wacana model Teun A Van Djik pada level teks. Pnelitian ini tidak hanya mengetahui isi dari teks berita tetapi bagaimana pesan yang disampaikan lewat kata, kalimat, frase, metafora dalam sebuah teks berita, dalam melihat struktur tersebut, analisis wacana lebih melihat makna yang tersembunyi dari teks tersebut. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa struktur makro tema berita news Esport yang paling banyak di angkat adalah news Esport mengenai berita event Esport yang sedang hangat diperbincangkan. Superstruktur, dari ke 15 berita tersebut beberapa memiliki skema yang termasuk kedalam kategori summery dimana terdapat judul dan lead disetiap berita dan story dimana setiap berita news yang dianalisis proses atau jalannya sebuah tema yang diangkat. Begitupun dengan struktur mikro, walaupun dalam beberapa berita yang dianalisis ada yang tidak termasuk kedalam elemen yang ada pada struktur mikro, tetapi wartawan menulis berita tersebut dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian pada news Esport di Media Online RevivalTV, maka dapat disimpulkan bahwa berita news Esport di Media Online RevivalTV dapat menjadi acuan bagi media lain dalam penulisan news Esport.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Esport; News Esport; Analisis wacana; Media Online
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Indra Sugianto
Date Deposited: 25 Oct 2021 22:02
Last Modified: 25 Oct 2021 22:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45314

Actions (login required)

View Item View Item