Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan pengamalan simbol ketaatan beragama: Penelitian pada peserta didik RA Miftahul Ulum Desa Parasi Kelurahan Karangpari Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes

Mulyana, Yuli (2021) Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan pengamalan simbol ketaatan beragama: Penelitian pada peserta didik RA Miftahul Ulum Desa Parasi Kelurahan Karangpari Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Sarjana thesis, UIN sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana bimbingan keagamaan yang ada di RA Miftahul Ulum untuk meningkatan pengamalan simbol ketaatan beragama pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi di lapangan bahwasanya siswa di RA Miftahul Ulum belum mengetahui bagaimana cara mengamalkan simbol-simbol ketaatan beragama. Oleh karena itu, saya tertarik untuk meneliti dan mencari bagaimana bimbingan keagamaan yang dilakukaan di RA Miftahul Ulum untuk meningkatkan pengamalan simbol ketaatan beragama pada diri siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan keagamaan, kondisi, proses bimbingan keagamaan dan hasil dari pelaksanaan bimbingan keagamaan untuk meningkatkan pengamalan simbol ketaatan beragama yang diadakan di RA Miftahul Ulum kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan memberikan data yang faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang sesuai dengan bimbingan agama islam untuk meningkatkan pengamalan simbol ketaatan beragama pada siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik observasi, teknik pengamatan dan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan keagamaan untuk meningkatan pengamalan simbol ketaatan beragama yang diberikan kepada siswa RA Miftahul Ulum Desa Parasi ini sangat berpengaruh terhadap ketaatan mereka dalam hal ibadah. Metode cerita (ceramah), metode bermain, dan metode bernyanyi yang disampaikan kepada anak membuat anak-anak merasa senang dan tidak membosankan ketika diberikan bimbingan oleh guru (pembimbing).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Simbol Ketaatan Beragama; Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yuli Mulyana
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:10
Last Modified: 25 Oct 2021 06:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45305

Actions (login required)

View Item View Item