Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabe moderasi: Studi pada perusahaan sub sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019

Aisyah, Noneng Putri Nur (2021) Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabe moderasi: Studi pada perusahaan sub sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_ bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menngetauhi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan dengan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan sub sektor perkebunan yang telah melakukan go public periode tahun 2016-2019. Nilai perusahaan sebagai variabel dependen diukur dengan menggunakan rasio Price To Book Value (PBV), pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) diukur dengan menggunakan item indikator pada Global Reporting Intiative (GRI) G4, variabel profitabilitas diukur dengan rasio Return On Asset (ROA). Tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel moderasi merupakan perkalian dari PBV dan ROA perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor perkebunan yangterdaftar diberusa efek Indonesia periode 2016-2019,bertujuan untuk memberikan bukti empiris serta menganalisis apakah terdapat oengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, menganalisis apakah tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh nilai perusahaan dan apakah tanggung jawab sosial perusahaan dapat memoderasi hubungan antara profitabilitas dengan nilai perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 7 perusahaan yang ditentukan dengan metode purposive dari total populasi 17 perusahaan dengan taraf kelonggaran 5% pengambilan sampel dengan menggunakan sampel purposive yaitu pengambilan sampel dengan berdasarkan karakteristik. pengumpulan data menggunakan data sekunder yang kemudian di uji dengan menggunakan uji asumsi klasik dan Moderate Regession Analysis (MRA) Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang terlihat pada perhitungan t-hitung sebesar 787 lebih kecil dari t-tabel yaitu sebesar 2.064 dengan nilai signifikan 0,439 lebih besar dari 0,05. Secara parsial tanggung jawab sosial perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan melihat dari t- hitung sebesar 419 lebih kecil dari t-tabel sebesar 2.064 dengan nilai signifikan 0,678. Secara parsial profitabilitas dan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dilihat dari f hitung sebesar 424 lebih besar dari f tabel sebesar 2.99. selain itu juga tanggung jawab sosial perusahaan mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas dan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Tanggung jawab sosial perusahaan; Nilai Perusahaan;
Subjects: Econmics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Noneng Putri Nur Aisyah
Date Deposited: 22 Oct 2021 12:20
Last Modified: 22 Oct 2021 12:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45282

Actions (login required)

View Item View Item