Implementasi hadits tentang kebersihan dalam upaya meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa melalui program Adiwiyata : Studi deskriptif di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung

Kamaliah, Eli (2021) Implementasi hadits tentang kebersihan dalam upaya meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa melalui program Adiwiyata : Studi deskriptif di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi minimnya kesadaran peserta didik dalam memperhatikan lingkungan terutama tentang kebersihan dilingkungan baik itu mencakup kebersihan badan, pakaian kebersihan kelas, maupun kebersihan lingkungan sekolah dan lingkungan diluar sekolah. Sikap peduli lingkungan melalui penerapan hadits kebersihan ini di realisasikan di MAN 1 Bandung dengan adanya program Adiwiyata. Program Adiwiyata ini menjadikan sekolah sebagai wadah partisipasi warga sekolah dan melakukan upaya pelestarian lingkungan untuk mewujudkan sekolah yang hijau dan ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Implementasi Hadits Kebersihan di MAN 1 Bandung, 2) Sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan melalui program Adiwiyata di MAN 1 Bandung, 3) Faktor pendukung dan pengahambat dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa. Penelitian ini berdasarkan teori Thomas Lickona yang menyebutkan bahwa pendidikan karakter sebagai pendidikan yang membentuk kepribadian individu melalui pendidikan budi pekerti, hasilnya dapat dilihat dari perbuatan nyata seseorang. Penelitian ini menggunakan pendekatatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi di MAN 1 Bandung. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh: 1) Implementasi hadits tentang kebersihan di MAN 1 bandung dilakukan dengan dengan mengadakan kegiatan rutin sehari-hari dengan adanya kegiatan piket kelas dan kegiatan rutin bulanan yaitu kegiatan Jumsih. Jika dalam program Adiwiyata implementasi Hadits Kebersihan ini dilakukan melalui beberapa kegiatan diantaranya: a) Kegiatan Pengelolaan Sampah yang terdiri dari Pemilahan sampah dan pengolahan sampah (b) Kegiatan Bank Sampah, dan (c) Kegiatan Penghijauan, 2) Sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan melalui program adiwiyata mengalami peningkatan dilihat dari beberapa indikator yang sudah ditentukan 3) Faktor pendukung dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa yaitu adanya kesadaran dari siswa nya senidri kemudian adanya fasilitas yang mendukung seperti alat kebersihan yang lengkap, adanya WC, tempat cuci tangan dan lain sebagainya. Faktor penghambat nya yaitu kurangnya pemahaman mengenai bahayanya sampah, menjaga kebersihan dan mejaga kelestarian lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hadits Kebersihan; Karakter Peduli Lingkungan; Program adiwiyata
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eli Kamaliah
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:00
Last Modified: 26 Oct 2021 07:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45270

Actions (login required)

View Item View Item