Induksi tunas anggrek (Dendrobium sp) Var. Kumala menggunakan BAP (6-Benzyl Amino Purine) dan air kelapa secara In-Vitro

Nurhanifah, Reni Annisa (2021) Induksi tunas anggrek (Dendrobium sp) Var. Kumala menggunakan BAP (6-Benzyl Amino Purine) dan air kelapa secara In-Vitro. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Anggrek Dendrobium merupakan salah satu komoditas tanaman hias yang banyak di gemari oleh masyarakat dan berpengaruh pada perdagangan tanaman hias di Indonesia maupun Internasional. Tanaman anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mempunyai keindahan bunga yang unik dan daya tahan hidup bunga yang cukup lama jika dibandingkan dengan tanaman bunga lainnya. Keindahan dan daya tarik anggrek terletak pada bentuk dan warna bunganya yang beranekaragam. Karena anggrek Dendrobium ini memiliki potensi sebagai tanaman hias, sehingga banyak dikembangkan dan diperbanyak di Indonesia karena iklimnya sangat cocok untuk memperbanyak anggrek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh BAP (6-Benzyl amino purin) dan air kelapa terhadap pertumbuhan eksplan anngrek secara in-vitro serta dapat mengetahui konsentrasi kombinasi BAP dan air kelapa yang optimum terhadap pertumbuhan eksplan anggrek secara in-vtro. Metode yang digunakan yaitu dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan media MS, terdapat 10 variasi konsentrasi dimana 1 konsentrasi kontrol dan 9 konsentrasi kombinasi BAP dan Air kelapa. Setiap perlakuan terdiri atas 3 kali pengulangan. Sehingga diperoleh 30 unit percobaan. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa media MS menggunakan kombinasi zpt sebanyak 1,5 ppm BAP dan 200 ml air kelapa dapat memicu dalam pertumbuhan daun, perlakuan BAP 0.5 ppm ditambah 150 ml air kelapa dapat memicu dalam pemanjangan batang dan juga jumlah tunas, sedangkan pada perlakuan kontrol dapat memicu dalam pertumbuhan jumlah akar. Persentase kelulusan hidupnya yaitu 100% dimana dari 30 botol pemangatan tidak ada yang terkontaminasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anggrek Dendrobium; Air kelapa; BAP; Media MS; RAL
Subjects: Physiology > Tissue Culture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Reni Annisa Nurhanifah
Date Deposited: 22 Oct 2021 12:49
Last Modified: 22 Oct 2021 12:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45265

Actions (login required)

View Item View Item