Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Total Bangun Persada Tbk periode 2010-2019

Nuraeni, Fenti (2021) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Total Bangun Persada Tbk periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy

Abstract

Return On Asset (ROA) adalah rasio keuntungan yang mengukur tingkat pengelolaan aset untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. Dengan menghitung Current Ratio (CR), faktor yang mempengaruhi optimalisasi aset dalam meningkatkan laba perusahaan adalah tingkat likuiditas perusahaan. Current Ratio terkait dengan peningkatan kualitas aset dari pada kewajiban yang segera jatuh tempo atau peningkatan keuntungan perusahaan dengan meningkatkan risiko aset. Faktor berikutnya adalah tingkat utang dalam pembiayaan pengelolaan aset atau disebut Debt to Asset Ratio (DAR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bagian Current Ratio (CR) terhadap Return On Asset (ROA), dan pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA), serta pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Total Bangun Persada Tbk. Untuk mengilustrasikan hal tersebut, digunakan trade-off theory yang menjadi dasar kerangka berpikir penelitian ini, yaitu Current Ratio dan Debt to Asset Ratio berdampak negatif terhadap pengembalian aset (ROA). Artinya jika Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) meningkat maka nilai Return On Asset (ROA) akan menurun. Sebaliknya, jika Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) menurun, maka Return On Asset (ROA) justru akan meningkat. Maka hal itu, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dikeluarkan oleh PT. Total Bangun Persada Tbk. periode 2010-2019. Penelitian ini menggunakan teknik analisis pengujian Hipotesis Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi, Analisis Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, dan Analisis Hipotesis (Uji t dan Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial Current Ratio (CR) terhadap Return On Asset (ROA) tidak terdapat pengaruh, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 6,7%. Secara parsial Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,3%. Hasil uji F menunjukkan Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 56,3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Asset Ratio; Return On Asset
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Fenti Nuraeni
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:27
Last Modified: 21 Oct 2021 08:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45256

Actions (login required)

View Item View Item