Kedudukan akad dan implementasi kemaslahatan hasil Pajak Bumi dan Bangunan di Provinsi Jawa Barat perspektif hukum ekonomi syari’ah

Abdulloh, Sahid (2021) Kedudukan akad dan implementasi kemaslahatan hasil Pajak Bumi dan Bangunan di Provinsi Jawa Barat perspektif hukum ekonomi syari’ah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Pajak adalah kewajiban yang ditetapkan oleh Undang-Undang Perpajakan terhadap wajib pajak yang harus dibayar kepada negara sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku. Ketentuan tersebut merupakan bagian dari akad antara wajib pajak dengan negara yang diselenggarakan oleh pemerintah yang dalam perspektif hukum ekonomi syari’ah memerlukan kajian dari segi kedudukan akadnya dan kemaslahatan yang ditimbulkan dari adanya ketentuan wajib membayar pajak bumi dan bangunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kedudukan akad pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan dalam perspektif hukum ekonomi syariah; untuk menganalisis pelaksanaan kemaslahatan akad pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan dalam perspektif hukum ekonomi syariah; dan untuk menganalisis tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap akad pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan dan pelaksanaan kemaslahatannya dari segi kebijakan fiskal Islam. Tujuan penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis dan secara praktis. Penelitian bertitik tolak dari pemikiran bahwa seluruh pelaksanaan hukum ekonomi Islam mengacu kepada maqasid al-syariah, kaitan dengan pajak bumi dan bangunan adalah untuk memelihara harta kekayaan (hifdh al-mal). Sehingga harta yang dikeluarkan menimbulkan kemaslahatan untuk umum dan kebijakan pemerintah yang menetapkan peraturan perundang-undangan mengenai pajak tidak menyimpang dari kebijakan fiskal Islam. Metode penelitian ini deskriptif analisis dengan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan yuridis normatif dan yuridis empirik. Sumber datanya berupa bahan hukum primer, sekunder, dan tertier, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan content analisis yang berpedoman kepada pendekatan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kedudukan akad pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan dalam perspektif hukum ekonomi syari’ah adalah wajib berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta pertimbangan kemaslahatan umum. Kemaslahatan akad pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan dalam perspektif hukum ekonomi syariah tidak menyimpang dari syariat Islam karena merupakan bagian dari pengembangan kebijakan fiskal Islam yang sudah dilaksanakan semenjak masa Rasulullah saw. Adapun akad pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan merupakan akad tabarru’at, karena bersifat nirlaba, akan tetapi kemaslahatannya merupakan kebijakan pemerintah yang memanfaatkan hasil pajak bumi dan bangunan untuk kepentingan masyarakat dan negara.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kedudukan Akad; kemaslahatan Hasil Pajak Bumi dan bangunan; Hukum Ekonomi Syari’ah;
Subjects: Causation
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Socialism and Related Systems
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Sahid Abdulloh
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:39
Last Modified: 18 Jan 2022 06:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45253

Actions (login required)

View Item View Item