Analisis nilai-nilai akidah akhlak pada film animasi Nussa Season 1 untuk membina akidah akhlak pada anak dalam kehidupan sehari-hari

Swari, Hirda Nur Indah (2021) Analisis nilai-nilai akidah akhlak pada film animasi Nussa Season 1 untuk membina akidah akhlak pada anak dalam kehidupan sehari-hari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan pada era sekarang permasalahan akidah akhlak menjadi satu hal yang menjadi sorotan utama. Sebagai contoh ada berita anak SD melakukan pembunuhan berencana terhadap temannya. Adapun kasus lainnya yaitu seorang remaja membunuh ibu dan anak, serta anak berusia lima tahun, dan kasus siswa SD mencuri telepon genggam di daerah Makassar. Beberapa kasus tersebut merupakan suatu perilaku yang sangat dilarang di dalam Islam yang terjadi karena kurangnya pendidikan akidah akhlak pada anak. Untuk meminimalisir hal tersebut maka dianjurkan anak-anak mendapatkan pendidikan akidah akhlak salah satunya melalui film Animasi Nussa Season 1. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai akidah akhlak dalam film animasi Nussa season 1, untuk mengetahui cara membina akidah akhlak anak dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk mengetahui skenario penggunaan film animasi nussa dalam pembelajaran akidah akhlak. Analisis film animasi Nussa pada season 1 ini dilakukan berdasarkan kajian teoritis mengenai nilai-nilai akidah akhlak serta cara membina akidah akhlak. Banyak cerita yang mengangkat mengenai nilai-nilai akidah akhlak yang bisa ditiru oleh anak dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Dalam teknis analisis data ini terdiri dari aktivitas analisis yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification). Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukan bahwa dalam film animasi Nussa Season 1 terdapat nilai-nilai akidah akhlak pada Season tersebut diantaranya nilai-nilai akidah akhlak bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu nilai-nilai akidah akhlak yang terkait dengan diri seseorang, nilai-nilai akidah akhlak terhadap saudara, akhlak yang berhubungan dengan kewajiban beragama, indikatornya antara lain adalah rida terhadap takdir-Nya, senantiasa zikir kepada Allah, dan akhlak yang terkait dengan sosial. Pada season tersebut juga bisa membantu untuk mendeskripsikan nilai-nilai akidah akhlak, mendeskripsikan cara membina akidah akhlak pada film animasi Nussa season 1 dalam kehidupan sehari-hari, dan mendeskripsikan skenario penggunaan film animasi Nussa dalam pembelajaran akidah akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai akidah; akhlak; film animasi; Nussa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hirda Nur Indah Swari
Date Deposited: 22 Oct 2021 14:09
Last Modified: 22 Oct 2021 14:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45245

Actions (login required)

View Item View Item