Pengaruh Contextual Teaching And Learning terhadap motivasi beragama peserta didik : Penelitian di kelas XI SMAN 01 Bjongsoang

Nadia, Epita Dwi (2021) Pengaruh Contextual Teaching And Learning terhadap motivasi beragama peserta didik : Penelitian di kelas XI SMAN 01 Bjongsoang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di dalam kelas yang cenderung monoton dan memaksa peserta didik untuk menghafal dan menimbun informasi yang mengakibatkan banyaknya peserta didik yang berprilaku tidak sesuai dengan norma Agama. Berdasarkan fenomena tersebut, maka seorang pendidik perlu mendesain ulang proses pembelajaran agar peserta didik mempunyai motivasi beragama dalam kehidupannya. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Realitas pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang 2) Realitas Motivasi Beragama peserta didik di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang 3) Pengaruh Contextual Teaching And Learning terhadap Motivasi Beragama peserta didik di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang. Penelitian ini diasumsikan bahwa Contextual Teaching And Learning mempunyai pengaruh terhadap Motivasi Beragama peserta didik. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning maka semakin tinggi Motivasi Beragama peserta didik. Begitu pun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif, dan jenis data korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Sampel sebanyak 30 responden di Kelas XI SMAN 01 Bojongsoang. Analisis data kedua variabel dilakukan dengan menggunakan metode statistika, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Realitas pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang termasuk kepada kategori tinggi dengan koefisien 3.91, 2) Realitas Motivasi Beragama peserta didik di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang termasuk kepada kategori tinggi dengan koefisien 4.12, dan 3) Hubungan antara pengaruh Contextual Teaching And Learning terhadap Motivasi Beragama peserta didik adalah a) Mempunyai nilai korelasi dengan koefisien 0.99 berkisar antara 0.80-1.00 yang dapat dikategorikan kedalam korelasi positif yang sangat kuat b) Hipotesisnya diterima karena T hitung 38 ≥ T tabel 2.05, c) Dapat disimpulkan bahwa Contextual Teaching And Learning mempunyai derajat pengaruh sebesar 98.01% terhadap Motivasi Beragama peserta didik di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang. Angka tersebut mengisyaratkan bahwa pengaruh Contextual Teaching And Learning terhadap Motivasi Beragama peserta didik di kelas XI SMAN 01 Bojongsoang sebesar 98.01% dan lainnya dipengaruhi oleh hal lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Contextual Teaching And Learning; Motivasi Beragama; Peserta Didik
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Epita Dwi Nadia
Date Deposited: 25 Oct 2021 23:57
Last Modified: 25 Oct 2021 23:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45243

Actions (login required)

View Item View Item