Kepemimpinan K.H. Zainal Arifin dalam mengelola Pondok Tahfidz: Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Daarul Huffazh Karawang Jawa Barat

Murtafiah, Aulia (2021) Kepemimpinan K.H. Zainal Arifin dalam mengelola Pondok Tahfidz: Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Daarul Huffazh Karawang Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
3_Daftar isi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAN IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan merupakan sebuah aktivitas untuk mengatur, membimbing, dan mempengaruhi orang lain agar dapat mengikuti demi mencapai tujuan-tujuan yang telah direncanakan oleh pemimpin. Karena itu, berkembang nya suatu lembaga atau organisasi tergantung dengan bagaimana pemimpin tersebut mengelola setiap unsur yang ada di dalam lembaga atau organisasi tersebut. Sama halnya dengan kepemimpinan K.H. Zainal Arifin dalam mengelola PPTQ Daarul Huffazh menjadi penentu tercapainya tujuan-tujuan yang telah disusun. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan dari K.H. Zainal Arifin dalam mengelola PPTQ Daarul Huffazh dengan memberikan motivasi kepada para santri dan pengurus, mengambil kebijakan, dan melakukan evaluasi untuk mengetahui kekurangan dalam pengelolaannya demi menghasilkan hasil yang lebih maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kepemimpinan K.H. Zainal Arifin di PPTQ Daarul Huffazh menghasilkan santri yang mampu menghafal 30 Juz Al-Quran dan K.H. Zainal Arifin mengelola pondok tahfidz tersebut dengan mengambil 3 (tiga) langkah: Pertama, motivasi yang diberikan K.H. Zainal Arifin kepada para santri dan pengurus secara langsung disetiap kegiatan yang ada di PPTQ Daarul Huffazh dan membimbing para santri agar mendapatkan motivasi intrinsik. Kedua, kebijakan yang diambil oleh K.H. Zainal Arifin yaitu hafalan Al-Quran, pengajian kitab, kegiatan KBM, dan dakwah (muhadhoroh). Ketiga, evaluasi yang dilakukan K.H. Zainal Arifin untuk hafalan Al-Quran, pengajian kitab dan dakwah (muhadoroh) setiap minggu dan bulan, sedangkan untuk kegiatan KBM dilakukan setiap 6 (enam) bulan. Evaluasi yang dilakukan oleh K.H. Zainal Arifin telah berhasil menghasilkan santri yang menghafal 30 juz Al-Quran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Pengelolaan; Pondok Pesantren; Tahfidz Quran
Subjects: Islam
Islam > Islamic Leaders
Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Aulia Murtafiah
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:24
Last Modified: 21 Oct 2021 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45239

Actions (login required)

View Item View Item